PENGARUH PEMAJUAN WAKTU PENGAPIAN DAN PENINGKATAN RASIO KOMPRESI TERHADAP DAYA DAN TORSI SEPEDA MOTOR SUPRA FIT DENGAN BAHAN BAKAR LPG
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal & Sukoco. 2009. Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung: Alfabeta.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2014. (online), (www.bps.go.id) diakses pada 18 Maret 2016.
Dewan Energi Nasional. 2014. Outlook Energi Indonesia 2014. Jakarta: Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Fibria, Milda & Maymuchar. 2012. Pemanfaatan LPG Sebagai Bahan Bakar Sepeda Motor dan Karakteristik Minyak Lumasnya. Lembaran Publikasi Minyak dan Gas Bumi, 46 (1): 35-42.
Kristanto, Philip. 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta: Andi.
Machmud, S., Surono, Untung B., & Sitorus, Leydon. 2013. Pengaruh Variasi Unjuk Derajat,Pengapian Terhadap Kerja Mesin. Jurnal Teknik, 3(1): 58-64.
Mara, I. M., Wirawan, M., & Ma’bud, T. 2014. Pengaruh Ignition Timing dengan Bahan Bakar LPG Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin Empat Langkah Satu Silinder. Dinamika Teknik Mesin, 4(1): 1-6.
PT. Astra Honda Motor. Tanpa Tahun. Buku Pedoman Reparasi.Jakarta: PT. Astra Internasional.
Raharjo, Winarno D.& Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Setiyono, Subagsono, & Basori. 2013. Pengaruh Perubahan Waktu Penyalaan (Ignition Timing) terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Vega R 110 cc Tahun 2008 dengan Bahan Bakar LPG (Liquefied Petroleum Gas). Jurnal Teknik Mesin, 2(2): 1-9.
Tenaya, I Gusti N.P., Sukadana, I Gusti K., Pratama, I Gusti N.G.S. 2013. Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar terhadap Unjuk Kerja Mesin. Jurnal Energi dan Manufaktur, 6(2): 105114.
Tesoro. 2012. Safety Data Sheet LPG.
Wiratmaja, I Gede. 2010. Pengujian Karakteristik Fisika Biogasoline Sebagai Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin Murni. Cakram, 4(2): 145-154.
Yunianto, Bambang. 2009. Pengaruh Perubahan Sudut Penyalaan (Ignition Time) Terhadap Emisi Gas Buang pada Mesin Sepeda Motor 4 (Empat) Langkah dengan Bahan Bakar LPG. Rotasi, 11(4): 15-20.
Yunianto, Bambang. 2009. Pengaruh Perubahan Sudut Penyalaan (Ignition Time) Terhadap Prestasi Mesin pada Sepeda Motor 4 (Empat) Langkah dengan Bahan Bakar LPG. Rotasi, 11(3): 1-4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License