Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa

Agung Tri Wibowo(1), Isa Akhlis(2), Sunyoto Eko Nugroho(3),


(1) Computer Science Department, Semarang State University
(2) 
(3) 

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah berkembang pesat dalam bidang pendidikan dengan lahirnya e-learning. E-learning dapat membantu guru dalam memantau keaktifan siswa dengan penugasan, forum diskusi maupun aktivitas lain, sehingga karakter dapat dideskripsikan melalui e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Software Learning Management System (LMS). LMS adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan online, program pembelajaran elektronik (e-learning program) dan isi pelatihan. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki respon dari siswa terhadap LMS dan menguji keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman konsep serta mengembangkan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Uji produk menggunakan Pre Experimental Design dengan jenis Pretest and Posttest One Group Design. Instrumen penelitian berupa angket uji ahli, angket tanggapan, tes tertulis dan lembar observasi karakter. Teknik analisis data uji kefektifan menggunakan uji gain. Hasil tanggapan siswa untuk keseluruhan aspek mendapatkan prosentase diatas 82,5% kategori sangat baik. Hasil uji gain pemahaman konsep sebesar 0,56 dengan kategori sedang, artinya LMS efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa. Sedangkan uji gain karakter 0,16 kategori rendah, artinya belum efektif mengembangkan karakter siswa.

Keywords

E-learning, LMS, Fisika, Pemahaman konsep, Nilai karakter

Full Text:

PDF

References

Turino, Purwanto, Y. dan Soeleman, A. 2009. E-Learning Bahasa Inggris Berbasis web. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. 5(2): 726-739.

Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2(1): 81-90.

Karim, M. R. dan Hashim Y. 2004. The Experience of the E-Learning Implementation atthe Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia. Malaysian Online Journal of Instructional Technology (MOJIT). Vol. 1(1): 50-59. available online at www.library.oum.edu.

Tafiardi. 2005. Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 4(4): 85-97.

Boulton, H. 2008. Managing e-Learning: what are the Real Implications for Schools?. The Electronic Journal of e-Learning. Vol. 6(1): 11-18. available online at www.ejel.org.

Chrisiana, W. 2005. Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa. Jurnal Teknik Industri. Vol. 7(1): 83 – 90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.