Penerapan Algoritma Greedy Pada Mesin Penjual Otomatis (Vending Machine)
(1) Computer Science Department, Semarang State University
(2) 
Abstract
Dalam memasarkan produk minuman dan makanan ringan, Indonesia masih banyak menggunakan tenaga manusia untuk menyalurkan produk tersebut dari pabrik sampai ke konsumen akhir. Jika setiap toko membeli produk dalam jumlah banyak, maka didapatkan keuntungan yang besar dalam penjualan produk tersebut. Hal ini menyebabkan harga penjualan produk yang sampai ke konsumen akhir lebih mahal daripada harga asli yang diberikan oleh pabrik. Dengan permasalahan tersebut, penulis mencoba membuat aplikasi mesin penjual otomatis (vending machine). Pada umumnya vending machine tidak memberikan uang kembalian. Disini penulis mencoba membuat vending machine dengan menerapkan algoritma Greedy agar dapat memberikan uang kembalian sehingga harga penjualan produk sesuai dengan harga asli pabrik. Algoritma Greedy diterapkan untuk menentukan pecahan berapa saja yang muncul dalam proses pengembalian uang dengan meminimalkan jumlah uang logamnya. Penulis menggunakan aplikasi Visual Basic untuk menerapkan program vending machine.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pradeepa, P, dkk. 2013. Design and Implementation of Vending Machine Using Verilog HDL. International Journal of Advanced Engineering Technology: 51.
Rentika, Rika, dkk. 2014. Teknik Pemodelan dan Simulasi Vending Machine. Makalah USU: 9 & 11.
Nugroho, Aryo. 2010. Penggunakan Algoritma Greedy dalam Aplikasi Vending Machine. Jurnal STEI ITB: 1–4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.