Abstract

Pembelajaran IPTEK pada abad-abad sebelumnya hanya melalui obyek abstrak yang tersedia dalam literatur-literatur saja seperti yang ada pada pendidikan formal. Pada abad ke-21 ini anak-anak harus mulai diperkenalkan pada obyek-obyek konkret, melalui proses pembelajaran menggunakan indera yaitu peragaan secara langsung sehingga cepat diserap dan mudah dimengerti. Dari uraian tersebut diatas, maka dibutuhkan wadah untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan IPTEK yang sesuai dengan kebutuhan akan sarana yang bersifat edukatif dan rekreatif bagi masyarakat umum terutama generasi muda. Edukatif merupakan bagian terpenting untuk terlaksananya proses peningkatan mutu baik secara kualitas maupun kuantitas yang dapat dipenuhi melalui berbagai media. Bersamaan dengan itu, rekreasi juga dibutuhkan sebagai tempat relaksasi masyarakat. Wadah tersebut akan berlokasi di Semarang, sebab berdasarkan hasil survey Semarang adalah salah satu kota yang memiliki tempat pendidikan sangat banyak dengan berbagai macam konsentrasi tetapi sangat minim fasilitas untuk mengetahui informasi perkembangan IPTEK. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan perencanaan dan perancangan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam perancangan bangunan pusat peragaan Iptek, penekanan perencanaan terletak pada ruang eksibisi. Ruang eksibisi adalah ruang yang akan menampung aktivitas utama bangunan yaitu penyelenggaraan pameran baik tetap maupun temporer. Keberadaan ruang eksibisi ini sangat penting baik secara kualitas maupun secara kuantitas, sebab dalam ruang inilah para pengunjung akan berinteraksi secara total dengan materi yang ingin di informasikan dan diperagakan.