Evaluasi Program Pengabdian: Bimtek Penyusunan Tes Online Bagi Guru SD Di Banyubiru

  • Supriyadi Supriyadi Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Roudloh Muna Lia Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ani Rusilowati Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wiwi Isnaeni Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Khumaedi Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suraji Suraji SD Negeri Banyubiru 05 Ambarawa Semarang, Indonesia
Keywords: Evaluasi Program Pengabdian; CIPP; Bimtek; Tes Online

Abstract

Kegiatan Bimtek penyusunan soal online dibutuhkan karena guru tidak bisa melaksanakan penilaian kompetensi siswa secara langsung pada musim pandemi Covid 19. Guru dituntut harus dapat menyusun tes secara online agar mendapatkan data kemajuan belajar siswa. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pada level proses dan produk dengan menggunakan model Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif. Pengabdian ini ditujukan pada guru-guru SD Kecamatan Banyubiru. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan, sebesar 76% bimtek yang diselenggarakan mendukung tugas, yaitu. Namun, terdapat komponen yang masih kurang yaitu pada bagian sarana prasarana. Hasil angket yang memberikan skala 5 hanya 24%, dan komponen fasilitas yang memberikan skala 5 hanya 48%. Produk yang dihasilkan adalah terbentuknya bank soal berbasis online menggunakan platform google form.

References

Borualogo. (2016.) Analisis Item Soal UTS Pedologi Semester Ganjil 2015-2016. Journal of Pshychological Research 3(1) 46–57.
Depdikbud Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pemenuhan Yang baik Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah.
Hasanah, N & Ahmad,H. (2017). Analisis Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Geometri, Jurnal Pendidikan Pepatudzu. vol. 2 (1)
Latiar, H., & Amelia, V. (2021). Bimtek Mendeley Untuk Pustakawan, Dan Mahasiswa. BIDIK: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 41-48.
Lia, R. M. & Isnaeni, W. (2018). Evaluation of Chemistry Learning Programs at Vocational High School Semarang on Vehicle Engineering Field. Proceeding Advances In Social Science and Humanities Research, 247(ISET), 403–407.
Marimin, M. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester I Melalui Supervisi Akademik Pada Kelas V Dabin II Pattimura Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 4 (1).
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137.

Osnal O & Suhartoni, I, I. W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran, 5(1), 67–82.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017): Pemenuhan Yang baik Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah. Jakarta: p.8
Ramdani, Z., Supriyatin, T., & Susanti, S. (2018). Perumusan dan pengujian instrumen alat ukur kesabaran sebagai bentuk coping strategy. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 97.
Transelasi, F., Kamariah, N., & Chairunisa, F. (2019). Analisis Kemampuan Dan Motivasi Untuk Mendukung Kinerja Instruktur Nautika Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (Bp2ip) Barombong. Dinamika Bahari, 9(2), 2317-2324.
Wahyuni, I. S. (2016). Pola Fraud Pada Penyelengaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Di Sektor Pemerintahan. Journal of Auditing, Finance, and Forensic Accounting, 4(1), 4-106
Published
2021-08-04