Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora Melalui Workshop Asesmen Nasional Menghadapi AKM Nasional

  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ngabiyanto Ngabiyanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Siti Maryatul Kiptiyah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: AKM Nasional, AKM Kelas, Literasi, Numerasi, Survei Karakter

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pembekalan tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Nasional dan AKM Kelas kepada guru SD Gugus Sindoro Blora. Pembekalan dilakukan melalui Workshop Penyusunan Try Out AKM dengan pola 32 jam dalam empat kali pertemuan (daring dan luring). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pre-test dan post-test, ceramah, diskusi, pendampingan pelatihan membuat soal AKM Literasi dan Numerasi Kelas (Level-1 sampai Level-3), penugasan, dan praktik menyusun soal berdasarkan Desain Pengembangan Soal AKM. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman peserta workshop tentang pengetahuan Asesmen Nasional dan Asesmen Kompetensi Minimum sebesar 37,22. Kedua, kegiatan workshop melalui dua moda, yaitu moda daring dan moda luring berlangsung dengan pola 32 JP. Peserta workshop menunjukkan sikap dengan kategori baik melalui kreatif, kooperatif, dan kemandirian. Kegiatan daring (skor rataan sikap 3,17) dan luring (skor rataan sikap 3,37). Peserta menghasilkan produk berupa instrumen AKM Kelas Literasi Membaca dan Literasi Numerasi yang dapat dikembangkan oleh peserta sebagai materi untuk melakukan try out AKM Kelas di gugusnya. Ketiga, peserta memiliki respons positif (skor rataan sebesar 3,48) terhadap aspek materi, penyajian, bahasa, dan evaluasi yang disajikan dalam workshop.

References

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2020). Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter, dan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558.
Hadiana, D. (2020). Penguatan Asesmen dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI.
Hanafi, Mamduh M. dan Halim, A. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. , 5(1). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 72–79.
Nurhikmah, N., Hidayah, I., & Kadarwati, S. (2021). Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78-83.
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 76-85.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., dan Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61-71.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryanti. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Apa dan Bagaimana Penyiapan Anak Didik Kita? Makalah disajikan dalam Musyawarah Wilayah Himpunan Dosen PGSD Indonesia Wilayah I. Virtual 25 Februari 2021.
Warsihna, J., Mutmainah, S., & Utari, I. (2015). E_Sabak (Tablet) untuk Pembelajaran di Indonesia. Jurnal Teknodik, 19(3), 293-304.
Published
2021-08-04