Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SMA N 1 Purbalingga Melalui Pelatihan PTK dan Penulisan Artikel Ilmiah

  • Sulhadi Sulhadi
  • Teguh Darsono
  • Siti Wahyuni Fisika FMIPA UNNES
Keywords: kompetensi guru, PTK, artikel ilmiah

Abstract

Pengetahuan tentang PTK menjadi suatu hal yang penting dimiliki oleh guru dalam usaha peningkatan kualitas pembelajaran. Namun, ternyata masih sangat sedikit yang mempraktikkannya dalam pembelajaran di kelas. Keadaan tersebut dilatarbelakangi banyak hal. Sebagian tuntutan profesionalitas guru yang lain adalah publikasi, terutama publikasi yang berbasis PTK. Persentase yang rendah publikasi karya ilmiah guru sebagian disebabkan guru masih belum mengetahui tata cara penulisan karya ilmiah yang sesuai standar akademik. Selaras dengan hal-hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan informasi seputar PTK dan penulisan artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan, diisi dengan penyajian materi tentang PTK dan penulisan artikel ilmiah hasil PTK. Kegiatan berjalan lancar dan guru sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan pada sesi diskusi. Pendampingan penulisan artikel ilmiah disediakan oleh tim pengabdi secara daring melalui email dan aplikasi whatsapp.

References

Muhamad Taufiq dan Wiyanto, 2017, Upaya Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan MGMP IPA Kabupaten Batang melalui Pedampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Laporan Pengabdian.
Putut Marwoto, Teguh Darsono, Sulhadi, Mahardika P. Aji, dan Siti Wahyuni, 2018, Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-guru Fisika SMA dan SMK Kabupaten Rembang. Laporan Pengabdian.
Putut Marwoto, Ani Rusilowati, Teguh Darsono, dan Mahardika P. Aji, 2019, Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMA N 2 Kota Pekalongan. Laporan Pengabdian.
Sulhadi, Fianti, Siti Wahyuni, dan Sugiyanto, 2019, Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Fisika Kota Pekalongan melalui Pelatihan Program Aplikasi Mendeley dalam Menulis Karya Ilmiah. Laporan Pengabdian.
Supriyadi, Zaenuri Mastur, dan Sudarmin, 2017, Workshop Penelitian Tindakan Kelas Generik Dan Pendampingan Ketrampilan Pembuatan Artikel Publikasi Bagi Guru Bidang Sains. Laporan Pengabdian.
Published
2022-04-21