Scratch Sebagai Solusi Simulasi Praktikum Digital di Masa Pandemi

  • Wahyu Hardyanto Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Siti Wahyuni Fisika FMIPA UNNES
  • Isa Akhlis Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sugiyanto Sugiyanto Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Scratch, simulasi, praktikum digital

Abstract

Pembelajaran fisika SMA di Kabupaten Batang sudah berjalan dengan cukup baik. Sebanyak 57,1% guru yang tergabung dalam MGMP Fisika SMA Kabupaten Batang sudah pernah merancang alat peraga untuk memudahkan proses transfer ilmu kepada siswa. Sebagian yang lain masih mengalami kesulitan terkait ide dan bahan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran penunjang, terlebih pada masa pandemi yang sudah berjalan setahun ini. Oleh karena itu, pengetahuan tentang praktikum alternatif berupa praktikum digital dan pemanfaatan sensor pada smartphone perlu diperkenalkan. Tim pengabdian telah mengembangkan modul praktikum digital berbasis Scratch dalam rangka memenuhi kebutuhan atau pengganti praktik tatap muka di laboratorium. Modul ini dikembangkan khususnya untuk siswa SMA, namun untuk tahap awal perlu dilakukan pelatihan untuk para guru bidang studi terlebih dahulu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pengetahuan baru pada guru, khususnya terkait praktikum digital dalam pembelajaran fisika

References

Asmaul Husna, Edy Cahyono, Fianti. 2019. The Effect Of Project Based Learning Model Aided Scratch Media Toward Learning Outcomes And Creativity. Journal Of Innovative Science Education 8(1) 1-7
Faikotun Nikmah dan Ellianawati. 2019. Integration Of Peer Instruction In The Guided Inquiry Learning Model: Practicing Science Literacy Through Scratch . JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika) 5 (2) 177-182.
Nurhasan Ropi`i, Wahyu Hardyanto, dan Ellianawati. 2019. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika) 5 (2) 63-68
Sulhadi, Teguh Darsono, dan Siti Wahyuni. 2021. Optimalisasi perancangan alat peraga untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan laboratorium di MGMP Fisika SMA kabupaten Batang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES tahun 2021
Sutikno, Susilo, dan Wahyu Hardyanto. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Scratch sebagai Media Pembelajaran. Rekayasa 16 (2) 173-178.
Trisdiono, H. 2013. Strategi Pembelajaran Abad 21. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi DIY.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Zul Azhar 2018. Pembuatan Alat Praktikum Digital Pada Konsep Gerak Jatuh Bebas Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan 4 (1)
Published
2022-04-21