Praktik Terbaik Program Belajar dari Rumah (BDR) di Indonesia dan di Kota Mekkah
Abstract
Abstrak. Saat ini, sudah dapat dipastikan dunia pendidikan anak usia dini di seluruh dunia telah banyak melakukan perubahan dan inovasi pembelajaran dengan adanya pandemic covid-19 yang mengharuskan kegiatan pembelajaran beralih dari sekolah ke rumah. Berbeda dengan 1 tahun ke belakang, dunia Pendidikan seolah kaget dan belum siap dengan adanya status pandemic yang mendadak dan mengharuskan pemerintah mengambil kebijakan untuk menutup sekolah. Penerapan berbagai strategi pembelajaran dan komunikasi guru-orangtua menjadi salah satu solusi untuk menemukan ramuan yang pas dalam mentransformasikan pengetahuan kepada anak usia dini yang baik bagi perkembangan anak usia dini. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai bahan evaluasi dan masukan untuk perencanaan ke depan sekalipun pandemic sudah berakhir. Metode dalam penelitian ini adalah pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan dua PAUD Mitra, di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) di Mekkah, dengan melibatkan staf sekolah dan perwakilan komite dari lembaga lain di sekitar kota Semarang. Hasil menunjukkan bahwa praktik terbaik dalam pembelajaran dari rumah dapat diupayakan jika ada kolaborasi guru dan orang tua. Kegiatan ini juga meningkatkan pemahaman para peserta FGD mengenai bagaimana praktik terbaik dalam bentuk kolaborasi guru dan orang tua selama pelaksanaan pembelajaran dari rumah dimana masing-masing pihak menjalankan peran terbaiknya.
Abstract. Currently, it is certain that early childhood education around the world has made many changes and learning innovations with the Covid-19 pandemic which requires learning activities to shift from school to home. In contrast to 1 year ago, the education world seemed shocked and not ready for the sudden pandemic status and required the government to take a policy to close schools. The application of various learning strategies and teacher-parent communication is one solution to find the right ingredients in transforming knowledge to early childhood that is good for early childhood development. The purpose of this service activity is as an evaluation material and input for future planning even though the pandemic is over. The method in this research is community service by involving two PAUD Partners in Indonesia and Indonesian Schools Abroad (SILN) in Mecca, involving school staff and committee representatives from other institutions around the city of Semarang. The results show that best practice in learning from home can be pursued if there is collaboration between teachers and parents. This activity also increased the understanding of the FGD participants on how best practices are in the form of collaboration between teachers and parents during the implementation of learning from home where each party carries out its best role.
References
Astuti, I. Y. & Harun. (2021). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Indonesia, U. N. I. C. E. F. (2020). COVID-19 and Children in Indonesia: An agenda for action to address socio-economic challenges.
Irwanto, M. S. H. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8
Kemdikbud. (2020a). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19 (p. 2020-1-9). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-
Kemdikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman PenyelenggaraanBelajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 (p. ). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-
Luthfi, E., & Ahsani, F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 37–46.
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51.
Pratiwi & Tirtayani. (2021). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Penerapan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undhiksa, 9(3).
Sama’, B. & Budiyono. (2020). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional.
Siregar, J. (2020). Kerjasama Guru Dan Orangtua Dalam Mengelola Strategi Pembelajaran Home Learning Masa Pandemi Covid 19 Di Paud Kasih Efrata Jatiasih Bekasi.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 [Early Childhood Education Learning Strategies during the Covid-19 Pandemic. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.
Suhesty, A., Rasyid, M., Permatasari, R. F., & Putri, Y. S. C. (2020). Kolaborasi Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era New Normal. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(2), 90. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4967
Yulianingsih, W., Suhanadji, N., R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zakariyah & Hamid. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/download/5892/3281/