Pendampingan Penulisan Manuskrip Jurnal Internasional Bereputasi bagi Mahasiswa S3
Abstract
Abstrak. Tujuan kegiatan ini yaitu mendampingi Mahasiswa S3 Pascasarjana UNNES untuk menyiapkan manuskrip dari hasil penelitian disertasi untuk dikirim ke jurnal internasional bereputasi. Metode pendampingan dilakukan dengan cara pemberian materi secara teoritis dan aplikatif cara membuat manuskrip yang baik. Mahasiswa diminta merevisi naskahnya untuk disesuaikan teori penulisan yang benar dan sesuai dengan pedoman jurnal yang dituju. Hasilnya direvisi lagi, dilakukan pendampingan oleh reviewer ahli sesuai bidang ilmunya. Naskah direvisi lagi oleh mahasiswa untuk dilakukan translate, uji similaritas dan proofread. Setelah manuskrip siap baru dikirim ke jurnal yang dituju. Waktu pelaksanaan tiga bulan. Hasil pendampingan diperoleh sebanyak 48 naskah manuskrip yang sudah melakukan submission ke jurnal internasional. Para peserta merasa sangat puas (66,7%) dan puas (33,3%) dengan pelaksanaan pelatihan manuskrip tersebut. Mereka sangat setuju (90,5%) dan 9,5% setuju pelatihan perlu dipertahankan. Namun waktu pelaksanaan perlu ditambah lebih lama untuk pendampingan karena ada peserta 4,7% yang menyatakan waktunya masih kurang. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mempercepat kelulusan Mahasiswa S3, menambah jumlah publikasi pada jurnal internasional bereputasi dan berimbas pada menambah reputasi Indonesia di bidang publikasi Internasional.
Abstract. The purpose of this activity is to assist UNNES Postgraduate S3 Students to prepare manuscripts from the results of dissertation research to be sent to reputable international journals. The mentoring method is carried out by providing material theoretically and applicative how to make a good manuscript. Students are asked to revise their manuscripts to adjust the correct writing theory and in accordance with the guidelines of the intended journal. The results were revised again, assisted by expert reviewers according to their fields of knowledge. The manuscript was revised again by students for translation, similarity testing and proofread. After the manuscript is ready, it is sent to the intended journal. The implementation time is three months. The results of the assistance were obtained as many as 48 manuscript manuscripts that have submitted to international journals. The participants were very satisfied (66.7%) and satisfied (33.3%) with the implementation of the manuscript training. They strongly agree (90.5%) and 9.5% agree training needs to be maintained. However, the implementation time needs to be increased longer for mentoring because there are 4.7% participants who state that the time is still lacking. This activity is expected to accelerate the graduation of S3 students, increase the number of publications in reputable international journals and have an impact on adding to Indonesia's reputation in the field of international publications. Keywords: manuscript writing, international journals, graduate student publications.
References
Fitria, T. N. (2019). Errors in Students’ Writing Composition in Simple Present Tense “my daily activity.” Edulangue, 2(1), 47–62. https://doi.org/10.20414/ edulangue.v2i1.318
Fitria, T. N. (2020a). Error Analysis Found in Students’ Writing Composition in Simple Past Tense of Recount Text. English Franca : Academic Journal of English Language and Education, 4(2), 141–160. https://doi.org/10.29240/ef.v4i2.1154
Fitria, T. N. (2021). An Analysis of Regular and Irregular Verbs in Students’ Essay Writing. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 24(1), 276–287. https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.2595
Hadromi, Yudiono, H., Budiman, F. A., Majid, M. N., & Permana, K. N. C. (2021). The Learning Strategy Based on Scientific Approach to Strengthen the Employability Skill of Teacher Candidates. International Journal of Instruction, 14(2), 551-570.
Hadromi, H., Widjanarko, D., Kurniawan, A., Budiman, F. A., & Genndroyono, R. A. K. M. (2022). Pembelajaran Online Pada Sekolah Vokasi. Konservasi Pendidikan, (2), 58-79.
Indrastuti, N. (2020). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS.
Kamil, M. (2003). Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kistanto, N. H., & Lathifah, A. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Bidang Sosial-Budaya: Naskah Webinar & Pelatihan Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Atas Dengan Aplikasi Zoom. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 63–67. https://doi.org/10.14710/hm.4.2.63-67
Mulyanto, A. D. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian. MATICS: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Journal of Computer Science and Information Technology), 12(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/mat.v12i1.8847
Rokhmat, J., Wildan, W., & Herianto, E. (2018). Potensi Guru dalam Mengembangkan Profesinya melalui Penyusunan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, Article. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/author/submission/3589
Soegianto, A. (2018). Penulisan Karya Ilmiah untuk Jurnal Internasional Bereputasi. Surabaya: Airlangga University Press.
Soewandhi, S. N. (2010). Sebuah Pemikiran Tentang Diseminasi Karya Pengabdian Kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Indonesia.
Sucipto, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.23
Syamsuri, S., Asriati, N., Matsum, J. H., Herkulana, H., Achmadi, A., & Khosmas, K. (2022). Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Klinik Publikasi Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru di SMA Negeri 2 Kuala Mandor B Kabupaten Kuburaya. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 553–560.
https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.6020
Widodo, A., Asrin, A., Fauzi, A., Syazali, M., Umar, U., & Erfan, M. (2022). Asistensi Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.7772