Penguatan Pemahaman Penulisan Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa Magister Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

  • Arif Widiyatmoko Science education Study Program, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dyah Rini Indriyanti
  • Melissa Salma Darmawan Science education Study Program, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agung Laksono Science education Study Program, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Artikel Ilmiah, Mahasiswa Magister, Pascasarjana UNNES

Abstract

Abstrak. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Magister Sekolah Pascasarjana UNNES yang kesulitan dalam menulis artikel ilmiah. Padahal, menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Magister, karena merupakan salah satu syarat untuk mengikuti ujian tesis. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan penguatan pemahaman penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa Magister Sekolah Pascasarjana UNNES. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pemaparan materi tips mengolah tesis menjadi artikel ilmiah oleh narasumber, praktik mencari jurnal yang sesuai, serta sesi tanya jawab dan diskusi. Rata-rata pemahaman peserta pelatihan terhadap penulisan artikel ilmiah adalah 82,74% ditinjau dari aspek pemahaman dalam membuat judul, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka, termasuk pemahaman terhadap mengolah tesis menjadi artikel ilmiah, cara mengunggah pada jurnal, reference manager system, dan Turnitin. Peserta memiliki respons positif terhadap penyampaian materi pada pelatihan dengan skor rata-rata persentase sebesar 93,83%. Hasil tersebut berarti bahwa kegiatan penguatan pemahaman penulisan artikel ilmiah telah berlangsung dengan baik.

Abstract. This activity was motivated by the large number of master’s students at the UNNES Postgraduate School who had difficulty writing scientific articles. In fact, writing scientific articles properly and correctly is a skill that must be possessed by master’s students, because it is one of the requirements to take the thesis exam. The purpose of this training activity is to strengthen the understanding of writing scientific articles for UNNES Postgraduate School Masters students. The method used in this training activity is the presentation of tips on how to process a thesis into a scientific article, the practice of finding appropriate journals, and discussion. The average understanding of training participants in writing scientific articles was 82.74% in terms of understanding aspects of making titles, abstracts and keywords, introductions, methods, results and discussion, conclusions, bibliography, including understanding of processing theses into scientific articles, how to upload them to journals, reference manager systems, and Turnitin. Participants had a positive response to the delivery of material at the training with an average percentage score of 93.83%. These results mean that the activity of strengthening the understanding of writing scientific articles has been going well.

References

Assingkily MS. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir). Penerbit K-Media.
Bedir H. (2019). Pre-service ELT teachers’ beliefs and perceptions on 21st century learning and innovation skills (4Cs). Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 231-46.
Dishon G, Gilead T. (2021). Adaptability and its discontents: 21st-century skills and the preparation for an unpredictable future. British Journal of Educational Studies, 4;69(4):393-413.
Erdoğan V. (2019). Integrating 4C skills of 21st century into 4 language skills in EFL classes.
Fitria TN. (2021). An Analysis of Regular and Irregular Verbs in Students’ Writing Essay. LLT Journal, 24(1), 276-87.
Heriyudananta M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55.
Indrastuti N. (2020). Cara praktis penulisan karya ilmiah dalam Bahasa Indonesia. UGM PRESS.
Irmawati, A. (2022). Strategi Pemilihan Judul Penelitian Kebahasaan bagi Pemula; Mahasiswa Program Studi Pedidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Universitas Iqra Buru. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(3), 517-524.
Ismail I, Elihami E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-20.
Khoiri A, Komariah N, Utami RT, Paramarta V, Sunarsi D. (2021). 4Cs analysis of 21st century skills-based school areas. InJournal of Physics: Conference Series, 1764 (1), 012142. IOP Publishing.
Lavi R, Tal M, Dori YJ. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation.
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1-12.
Ma’ruf MH, Fitria TN. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dari Skripsi dan Tesis Untuk Mahasiswa Serta Cara Publikasinya ke Jurnal Nasional. Jurnal ABDAYA: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 6-12.
Mayasari, M. (2021). Laporan Dan Evaluasi Penelitian. ALACRITY: Journal of Education, 30-38.
Natasya, A., Putri, T., Siahaan, R. P. J., & Khoirunnisa, A. (2022). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 167-179.
Nugraheni AS. (2019). Bahasa Indonesia di perguruan tinggi berbasis pembelajaran aktif. Prenada Media.
Rahman M. (2019). 21st century skill'problem solving': Defining the concept. Rahman, MM (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64-74.
Rusilowati A, Cahyono E. (2012). Pengembangan Model Pelatihan Berpendekatan Action Learning Berbasis Fasilitasi untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Laporan Penelitian. Semarang: LP2M UNNES.
Samidah, I., & Kp, S. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Silber‐Varod V, Eshet‐Alkalai Y, Geri N. (2019). Tracing research trends of 21st‐century learning skills. British Journal of Educational Technology, 50(6), 3099-118.
Somantri D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-95.
Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49-58.
Syazali M, Widiade IK, Nursaptini N, Hasnawati H. (2020). Evaluasi keterampilan menulis makalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 546-56.
Published
2023-10-20