Reimagining Edupark Camp Bell 2 Tawangsari Teras Boyolali: Menyemai Peluang Ekonomi Baru di Era Pasca Covid-19

  • Sudarmin Sudarmin Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • M. Aryono Adhi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rr. Sri Endang Pujiastuti Program Studi Keperawatan, Politekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
  • Yosephine Debbie Damayanti Program Magister Pendidikan Kimia. Universitas Negeri Semarang, Indonersia
Keywords: taman desa wisata, transformasi ekonomi lokal, edupack camp bell 2, pasca pandemi

Abstract

Abstrak. Di era pasca pandemi, Desa Tawangsari Teras Boyolali dengan destinasi wisata unggulannya, Edupark Camp Bell 2, menghadapi tantangan dalam pemulihan dan pengembangan ekonomi lokal. Pandemi Covid-19 telah meninggalkan dampak yang terlihat pada kondisi terawatnya lokasi wisata tersebut. Namun, di sisi lain, banyak warga desa yang mengandalkan kegiatan ekonomi di lokasi ini, terutama pada akhir pekan ketika mereka menjajakan makanan, minuman, dan produk lokal kepada para pengunjung. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebuah program pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan merespons tantangan tersebut melalui revitalisasi landscape dan taman di Edupark Camp Bell 2, menciptakan suasana yang lebih ASRI (Aman dan asik, Serasi dan menarik, Ramah anak dan wisatawan, serta Indah). Kerjasama erat antara Universitas Negeri Semarang (UNNES), pihak kelurahan, dan komunitas setempat menjadi landasan pelaksanaan kegiatan. Metode yang diterapkan melibatkan pendekatan penyuluhan teoritis, praktek penyuluhan, serta implementasi melalui kerja bakti yang melibatkan mahasiswa UNNES, perangkat desa, masyarakat, dan pemuda. Kegiatan dimulai dengan koordinasi menyeluruh bersama pihak kelurahan dan tokoh masyarakat. Keberhasilan proyek diukur dari transformasi taman dan lokasi wisata menjadi lingkungan yang lebih harmonis dan menarik. Hasil dari upaya pengabdian ini tampak jelas, dengan Edupark Camp Bell 2 berhasil mengalami transformasi signifikan menjadi destinasi yang lebih ASRI daripada sebelumnya. Selain itu, area tersebut juga lebih nyaman untuk kegiatan ekonomi masyarakat, khususnya dalam menjual produk dan jasa mereka kepada wisatawan. Kemitraan yang solid antara UNNES, kelurahan, dan masyarakat menjadi bukti nyata dari kesuksesan program pengabdian ini.

Abstract. In the post-pandemic era, Tawangsari Teras Boyolali Village, with its prominent tourist destination, Edupark Camp Bell 2, faces challenges in local economic recovery and development. The Covid-19 pandemic has visibly impacted the well-maintained condition of the tourist site. However, on the other hand, many villagers rely on economic activities in this location, especially during weekends when they offer food, beverages, and local products to visitors. To address this issue, a community service program was conducted with the aim of responding to these challenges through the revitalization of the landscape and gardens in Edupark Camp Bell 2, creating a more ASRI (Aman dan asik, Serasi dan menarik, Ramah anak dan wisatawan, serta Indah), that means safe and enjoyable, harmonious and attractive, child and tourist-friendly, and beautiful atmosphere. Close collaboration between Universitas Negeri Semarang (UNNES), the village authorities, and the local community formed the foundation for the implementation of the activity. The applied method involved a theoretical counseling approach, practical counseling practices, and implementation through communal work involving UNNES students, village officials, community members, and youth. The activity began with comprehensive coordination with the village authorities and community leaders. The success of the project was measured by the transformation of the park and tourist location into a more harmonious and appealing environment. The results of this community service effort are evident, with Edupark Camp Bell 2 successfully undergoing a significant transformation into a more ASRI destination than before. Furthermore, the area has become more comfortable for community economic activities, particularly in selling their products and services to tourists. The solid partnership between UNNES, the village authorities, and the community stands as tangible proof of the success of this community service program.

References

Hardyanto, W., Wahyuni, S., Akhlis, I., & Sugiyanto, S. (2022). Scratch Sebagai Solusi Simulasi Praktikum Digital di Masa Pandemi. Journal of Community Empowerment, 2(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/51685
Indriyanti, D. R., Hadromi, H., Zulaeha, I., Parmin, P., Suharto, S., Ahmadi, F., Widiyatmoko, A., Puspita, M. A., & Prasojo, B. T. (2022). Pendampingan Penulisan Manuskrip Jurnal Internasional Bereputasi bagi Mahasiswa S3. Journal of Community Empowerment, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.63587
Raharjo, T. J., Mu’arifuddin, M., Wulansari, E., Harianingsih, H., Sudargini, Y., & Hidayati, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Organisasi pada Dasawisma Matahari Patemon Gunungpati. Journal of Community Empowerment, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.58767
Raharjo, T. J., Rusdarti, R., Subali, B., Suminar, T., Harianingsih, H., & Rahmawati, S. (2023). Pelatihan Penguatan Literasi Sains Bagi Guru Sekolah Indonesia-Jeddah, Saudi Arabia. Journal of Community Empowerment, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jce.v3i1.70681
Setyowati, D. L., Arsal, T., & Hardati, P. (2021). Pendampingan Komunitas Sekitar Sungai untuk Pengelolaan dan Pelestarian Sungai. Journal of Community Empowerment, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jce.v1i1.48849
Soesilowati, E., Kariada.TM, N., Sumastuti, E., & Setiawan, A. B. (2021). PROGRAM Kemitraan Wilayah (Pkw) Rintisan Agrotechno-Edupark Purwosari Semarang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1415–1424. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1138
Sudarmin, S., Prasetya, A. T., Mahatmanti, W., Dewi, S. H., & Pujiastuti, R. S. E. (2022). Pelatihan Pembelajaran Proyek Terintegrasi Etno-Stem Untuk Pembuatan Teh Herbal Hutan Tropis Sebagai Imunitas Tubuh Covid-19. Journal of Community Empowerment, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.58999
Widiyatmoko, A., Taufiq, M., Dewi, N. R., Darmawan, M. S., Lissaadah, L., & Saputra, A. (2022). Pelatihan Digitalisasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM pada MGMP Guru IPA Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59102
Widyanto, R. A., Huda, N., Listiyana, A., Anstryani, D., Putra, H. S., & Alfiantoro, G. (2020). Pengabdian Pada Masyarakat
Terpadu Untuk Pengembangan Agrowisata Durian Di Desa Ngropoh Berbasis Potemsi Lokal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i2.70
Yulianto, A., & Wijaya, A. P. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Metode Stimulus-Respon. Journal of Community Empowerment, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59615
Published
2023-08-29