Pendampingan Manuskrip Jurnal Internasional Bagi Mahasiswa Program Doktor UNNES

  • Dyah Rini Indriyanti Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arif Widiyatmoko Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bayu Tri Prasojo Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: pendampingan manuskrip, mahasiswa program doktor, Sekolah Pascasarjana UNNES

Abstract

Salah satu syarat kelulusan mahasiswa program Doktor (S3) yaitu mempublikasikan naskah hasil disertasi pada jurnal internasional bereputasi. Tujuan kegiatan ini yaitu mendampingi mahasiswa program doktor Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk dapat membuat manuskrip jurnal internasional bereputasi. Metode yang dilakukan dengan cara: Peserta diminta mengirim draf manuskrip, tim mereview manuskrip yang masuk, mengembalikan hasil review, melakukan diskusi dengan peserta lewat daring (ZOOM meeting). Peserta merevisi lagi naskahnya, mengirimkan kembali naskah yang sudah direvisi, peserta mentranslate, cek Turnitin dan proofread. Peserta mengecek kembali manuskrip sebelum dikirim ke jurnal yang dituju. Peserta yang mendaftar awalnya 56 orang, di akhir kegiatan terdapat empat belas manuskrip yang siap disubmid. Peserta memiliki respon positif terhadap penyampaian materi pada pelatihan dengan skor rata-rata sebesar 86, 82%. Hasil tersebut mengandung arti bahwa pemahaman peserta terhadap penulisan artikel ilmiah sangat baik. Pendampingan manuskrip untuk mahasiswa S3 sangat diperlukan dan bermanfaat untuk membantu mahasiswa menyiapkan manuskrip jurnal internasional bereputasi.

One of the graduation requirements for Doctoral (S3) students is to publish an article in a reputable international journal. The purpose of this activity is to assist UNNES Postgraduate school students to be able to make manuscripts of reputable international journals. The method is carried out: the participants were asked to send draft manuscripts, the team reviews incoming manuscripts, returns the results of the review, conducts discussions with participants online (ZOOM meeting). The participants revise their manuscripts, sends back the submitted manuscripts has been revised, participants translate, check Turnitin and proofread. Participants checked the manuscript again before sending it to the intended journal. Participants who initially registered were 56 people, at the end of the activity there were fourteen manuscripts ready to be submitted. Participants had a positive response to the delivery of material at the training with an average percentage score of 86.82%. These results indicate that the participants' understanding of writing scientific articles is very good. Manuscript assistance for PhD students is very necessary and useful to help students prepare manuscripts for reputable international journals.

 

References

Fitria, T. N. (2021). An Analysis of Regular and Irregular Verbs in Students’ Essay Writing. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 24(1), 276–287. https://doi.org/10.24071/llt.v24i1.2595

Indrastuti, N. (2020). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS.

Irmawati, A. (2022). Strategi Pemilihan Judul Penelitian Kebahasaan bagi Pemula; Mahasiswa Program Studi Pedidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Universitas Iqra Buru. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(3), 517-524.

Ismail I, Elihami E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-20.

Khoiri A, Komariah N, Utami RT, Paramarta V, Sunarsi D. (2021). 4Cs analysis of 21st century skills-based school areas. InJournal of Physics: Conference Series, 1764 (1), 012142. IOP Publishing.

Mayasari, M. (2021). Laporan Dan Evaluasi Penelitian. ALACRITY: J.of Education, 30-38.

Natasya, A., Putri, T., Siahaan, R. P. J., & Khoirunnisa, A. (2022). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 167-179.

Nugraheni, A. S. (2019). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenada Media.

Rahman M. (2019). 21st century skill'problem solving': Defining the concept. Rahman, MM (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64-74.

Rusilowati A, Cahyono E. (2012). Pengembangan Model Pelatihan Berpendekatan Action Learning Berbasis Fasilitasi untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Laporan Penelitian. Semarang: LP2M UNNES.
Samidah, I., & Kp, S. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah-Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, YE. (2021). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta di IAIN Kediri. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat 2(2), 265-274.

Soegianto, A. (2018). Penulisan Karya Ilmiah untuk Jurnal Internasional Bereputasi. Surabaya: Airlangga University Press.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49-58.
Published
2023-08-30