DETERMINAN KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Penelitian ini terdiri atas enam variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah diferensiasi produk, kualitas pelayanan, citra merek, promosi, tingkat bagi hasil, dan persepsi bunga bank. Sedangkan variabel dependennya adalah keputusan nasabah menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah BNI Syariah KCP Unissula Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang responden yang menggunakan produk perbankan syariah BNI Syariah KCP Unissula yang diambil menggunakan accidental sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, citra merek, tingkat bagi hasil dan persepsi bunga bank tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah, sedangkan diferensiasi produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Secara simultan, diferensiasi produk, kualitas pelayanan, citra merek, promodi, tingkat bagi hasil dan persepsi bunga bank berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah.
The purpose of this research is to analyze the factors that affect the action toward customer decisions using islamic banking products. This research consists of six independent variables and one dependent variable. The independent variables are product differentiation, service quality, brand image, promotion, level of profit sharing and perception of bank interest, while the dependent variable is customer decisions using islamic banking products.This research use survey method with distribute questionnaire. The population of this research is customers of BNI Syariah KCP Unissula Semarang. The sample of this research is 94 respondents who use products of Islamic banking BNI Syariah KCP Unissula taken by accidental sampling. This research use data descriptive analysis and multiple regression that supported by SPSS program 21 version.The results showed that partially, brand image, level of profit sharing and perception of bank interest doesn’t have affect to customer’s decision using islamic banking products, while product differentiation, service quality and promotion have positively and significant affect to customer’s decision using islamic banking products. Simultaneously, product differentiation, service quality, brand image, promotion, level of profit sharing and perceptions of bank interet give influence to customer’s decision using islamic banking.