The Roles of Auditor's Reputation in Moderating the Factors Affecting Auditor Switching
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, audit delay, dan audit fee terhadap auditor switching dengan reputasi auditor sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah 140 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yang menghasilkan sampel sebanyak 66 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif, regresi logistik dan uji selisih mutlak untuk menguji variabel moderating. Pengujian hipotesis menggunakan program IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial opini audit memiliki hubungan yang negatif dan berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, sedangkan audit delaydan audit fee tidak memiliki pengaruh terhadap auditor switching. Reputasi auditor tidak mampu memoderasi pengaruh dari opini audit, audit delay, dan audit fee terhadap auditor switching, sehingga reputasi auditor bukanlah merupakan variabel moderating dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah semakin baikopini audit yang diterima perusahaan maka akan menurunkan kemungkinan perusahaan untuk melakukan auditor switching. Variabel moderating reputasi auditor tidak mampu memperkuat/memperlemah pengaruh opini audit, audit delay, maupun audit fee terhadap auditor switching.