The Factors that Influence the Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa faktor yang memengaruhi pengungkapan CSR dalam laporan tahunan perusahaan pertambangan di Indonesia dengan indikator leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan dan status perusahaan. Populasi penelitian ini adalah 46 perusahaan pertambangan yang terdaftar (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menerbitkan laporan tahunan dan/atau sustainbility report pada tahun 2013 –2016. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 32 sampel perusahaan dengan 128 unit analisis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah dianalisis dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR. Sebaliknya, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Sementara itu, status perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Simpulan pada penelitian ini yaitu pengujian simultan menunjukkan pengaruh antara variabel independen dan dependen. Leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sementara status perusahaan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR.
Kata Kunci: Leverage; Pengungkapan CSR; Profitabilitas; Status Perusahaan; Ukuran Dewan Komisaris; Ukuran Perusahaan
The research aimed to examine the factors affecting CSR disclosure in the annual report of mining companies in Indonesia with indicators of leverage, profitability, board of commissioner size, firm size, and firm status. The population of the research are 46 mining companies listed in the Indonesia Stock Exchange (IDX) which published annual report and / or sustainability report in 2013-2016. This research using purposive sampling with 32 companies consisted of 128 units analysis. The analytical tool used in this research is multiple linear regression that have previously been analyzed by classical assumption test (normality test, multicolinearity, autocorrelation and heteroscedasticity). The result of this research indicated that leverage have a negative effect on CSRD. While profitability, board of commissioners size, and firm size have a positive effect on CSRD. Meanwhile, the firm status is not proven to affect CSRD. The conclusion of this research is simultaneous testing shows the influence between independent and dependent variables. Leverage, profitability, board of commissioners size and firm size have significant effect the CSRD. Meanwhile, firm status findings do not significant affect the CSRD.
Keywords: Board of Commissioner Size; CSR Disclosure; Firm Size; Firm Status; Leverage; Profitability