FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hilda Indria Septyawanti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris pengaruh konservatisme akuntansi dan rasio keuangan (leverage, liquidity, profitability) terhadap peringkat obligasi. Subyek penelitian ini adalah perusahaan yang telah diperingkat oleh Indonesia Bond Market Directory tahun 2008, 2009, dan 2010. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumenter. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan database peringkat obligasi Indonesia Bond Market Directory. Data di analisis menggunakan analisis regresi logistik. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa konservatisme akuntansi dan rasio keuangan (leverage, liquidity, profitability) berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Pengujian parsial menunjukan konservatisme akuntansi, dan liquidity tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Leverage dan profitability berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Informasi yang dihasilkan dari laporan keuangan efektif untuk bahan analisis dalam mengambil sebuah keputusan. Investor yang berkeinginan untuk berinvestasi pada sekuritas obligasi, hendaknya memperhatikan faktor konservatisme akuntansi dan analisis rasio keuangan dan memanfaatkan peringkat obligasi yang telah dikeluarkan oleh agen pemeringkatan sebagai bahan pertimbangan.

 

This study aims to give empirical evidence about the influence of accounting conservatism and financial ratios (leverage, liquidity, profitability) on bond ratings. The subject of this study is the companies rated by Indonesia Bond Market Directory in 2008, 2009, and 2010. The method of data collection was conducted by the documentary. The data used is secondary data from financial statement and bond rating database of Bond Market Directory. While logistic regression analysis is used in analyzing the data. The result of this study simultaneously shows that accounting conservatism and financial ratio (leverage, liquidity, profitability) give effects on bond rating. Partial test shows that accounting conservatism, liquidity does not affect bond ratings, while leverage and profitability give effects on bond rating. The information generated from the financial statements was effective for being material analysis in making a decision. Investors, who wish to invest in bond securities, should consider accounting conservatism factor and financial ratios analysis, and utilize the bond ratings issues by rating agency for consideration.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Septyawanti, H. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN. Accounting Analysis Journal, 2(3). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i3.2506

References

Almilia, Luciana Spica dan Vieka Devi. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Dalam Seminar Nasional Manajemen SMART. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Arrozi. 2012. Akuntansi Konservatisme http://arrozi.blog.esaunggul.ac.id/2012/06/05/akuntansi-konservatisme/.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

He, Yan., Junbo Wang, and K.C.John Wei. 2007. Do Bond Rating Changes Affect Information Risk of Stock Trading?. Ssrn, Januari 18, 2007.

Ikhsan, Adhisyahfitri Evalina dkk. 2012. Peringkat Obligasi dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Pekbis Jurnal, Vol.4, No.2, Juli 2012: 115-123.

Jama’an. 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan. Thesis. Semarang: Program Studi Magister Sains Akuntansi Universitas Dipenegoro.

Magreta & Poppy Nurmayanti. 2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Ditinjau dari Faktor-Faktor Akuntansi dan Non Akuntansi, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, vol. 11, no. 3, pp. 143-154.

Mutiarani, Rizki Vita. 2008. “Analisis Pengaruh Debt Covenant, Political Cost Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Konservatisme Akuntansi”. Skripsi FE UNS.

Pakarinti, Adia. 2012. Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Instistusional, Kualitas Auditor, Profitabilitas, Likuiditas Dan Leverage Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNDIP.

Purwaningsih, Anna. 2008. Pemilihan Rasio Keuangan Terbaik Untuk Memprediksi Peringkat Obligasi : Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ. Dalam Jurnal Kinerja,12/1: 85-99.

PT. Pefindo. www.pefindo.com

Raharja dan Maylia Pramono Sari. 2008. Kemampuan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi (PT. Kasnic Credit Rating). Dalam Jurnal Maksi, 8/2: 212-232.

Suharli, Michell. 2008. Pengaruh Rasio Keuangan dan Konservaisme Akuntansi terhadap Pemeringkatan Obligas. Vol. 13. No.2, November 2008.

Watts,R.L., 2003a. Conservatism in Accounting part 1: Explanation and Implication. Journal of Accounting and Economics.

Widya. 2005. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Perusahaan Terhadap Akuntansi Konservatif. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Volume 8. No. 2. Hal. 138-157.