CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DALAM PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Idah idah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran dewan komisaris, komite audit, dewan direksi, governance committee, profitabilitas, likuiditas, leverage, aktivitas perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Sampel penelitian adalah perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode penelitian tahun 2010 sampai 2011. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 122 pengamatan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dewan direksi, governance committee, profitabilitas dan ukuran perusahaan memilki peran positif terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan, dewan komisaris, komite audit, likuiditas, leverage dan aktivitas prusahan tidak memilki peran terhadap pengungkapan sustainability report..

 

 

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
idah, I. (1). CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DALAM PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT. Accounting Analysis Journal, 2(3). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i3.2530

References

Almilia, Luciana Spica dan Ikka Retrianasari. 2007. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Dalam ProceedingSeminar Nasional. Inovasi dalam menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis. Jakarta. On line atwww.almilia.com. Diakses tanggal 20 November 2012

Almilia, Luciana Spica dan Vieka Devi. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Proceeding Seminar Nasional manajemen SMART. Universitas Kristen Maranatha Bandung. 3 Maret 2007. On line atjournal.uii.ac.id. Diakses tanggal 20 November 2012

Almilia, Luciana Spica. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sukarela Internet Financial and Sustainability Reporting. Dalam Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia Vol. 12 No. 2 Desember 2008. STIE Perbanas Surabaya. Surabaya. On line atjournal.uii.ac.id. Diakses tanggal 21 Juli 2012.

Andriyanti, Elyana Noor. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva Modal Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEJ.Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Dilling, Petra F.A. 2010. Sustainability Reporting In A Global Context : What Are The Characteristics of Corporations That Provide High Quality Sustainability Reports-An Empirical Analysis. Dalam International Business & Economics Research Journal. Vol. 9, No. 1. New York Institute of Technology. Canada. On line atwww.journals.cluteonline.com. Diakses tanggal 21 Juli 2012.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Global Reporting Initiative 2000-2006. 2006. Pedoman Laporan Keberlanjutan. On line athttp://www.globalreporting.org. Diakses tanggal 6 November 2012.
Jalal. 2007. Tentang Laporan Keberlanjutan Perusahaan. Lingkar Studi CSR.

Jakarta. On line atwww.csrindonesia.com. Diakses tanggal 2 Desember 2012.

Luthfia, Khaula. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Report”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ratnasari, Yunita. 2011. Pengaruh Corporate Governance terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Dalam Sustainability Report. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sembiring, E. R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Dalam Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, 15–16 September 2005. On line atsi.uns.ac.id. Diakses tanggal 25 November 2012.

Suryono, Hari. 2011. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Listed (Go Public) di BEI 2007-2009)”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Suryono, Hari dan Andri Prastiwi. 2011. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governnce Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report”. Dalam Simposium Nasional Akuntansi XIV.Banda Aceh, 21-22 Juli 2011.

Utomo, N. A. dkk. 2010. Peraturan Saja Tidak Cukup. Brief CIFOR. Jakarta. On line at www.cifor.org.Diakses tanggal 24 Desember 2012.