FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khoerul Umam Sandi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, struktur modal, dan kualitas audit terhadap earnings response coefficient. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2011. Teknik pemilihan sampel berdasarkan purposive sampling. Sampel yang masuk kriteria sebanyak 34 perusahaan. Unit analisis sampel sebanyak 102 annual report, dengan data outlier sebanyak 8 sehingga jumlah sampel menjadi 94. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap earnings response coefficient. Pertumbuhan perusahaan, struktur modal dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient

 

The purpose of this study is to examine the influence of company size, company growth, capital structure and audit quality on earnings response coefficient. The population of this research are all companies listed in the Indonesia Stock Exchange 2009-2011. The sampling technique used in this research was purposive sampling. There are 34 companies qualified as sample. The units of analyse sample are 102 annual report, with the data outlier as many as 8 so that number of the sample become 94. Multiple regression analysis was employed to analyse data. The result shows that variable of company size have positive effects on earnings response coefficient. Company growth, capital structure and audit quality not effect on earnings response coefficient

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sandi, K. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT. Accounting Analysis Journal, 2(3). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i3.2847

References

Boediono, Gideon SB. 2005. Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba Dengan Menggunakan Analisis Jalur. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo.

Collins, Daniel W. dan S.P Khotari. 1989. An Analysis of Intemporal and Cross-sectional Determinants of Earnings Response Coefficient. Journal of Accounting and Economics 11.

Febrianto, Rahmat dan Erna Widiastuty.2005.Tiga Angka Laba Akuntansi: Mana Yang Lebih Bermakna Bagi Investor. Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo.

Mayangsari, Sekar. 2004. “Bukti Empiris Pengaruh Spesialisasi Industri Auditor terhadap Earnings Response Coefficient.” Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol. 7, No.2.

Mulyani, Sri., Nur Fadjrih Asyik, dan Andayani. 2007. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. JAAI, Volume 11 No.1 Surabaya: STIESIA Surabaya.

Naimah, Zahroh dan S.Utama. 2006. Pengaruh Ukuran perusahaan, Pertumbuhan,dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba dan Koefisien Respon Nilai Buku Ekuitas: Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Makalah Simposium Naional Akuntansi IX.

Palupi, Margaretta J. 2006. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengarruhi Koefisien Respon Laba: Bukti Empiris Pada Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekubank. Volume 3.

Poetri, Nicky Perdani. 2009. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Koefisien Respon Laba”. Skripsi. Semarang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bank BPD JATENG.

Sulistiyono, Agus. 2010. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Weston, J.F, Brigham, E.F. 1994. Manajemen Keuangan (Managerial Finance). Terjemahan Djoerban.W. dan Ruchyat. K. Jakarat: Erlangga.