PENGARUH NILAI PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PERATAAN LABA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sulistiyawati Sulistiyawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh nilai perusahaan, kebijakan dividen dan reputasi auditor terhadap perataan laba. Populasi penelitian ini ada-lah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 39 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI mulai tahun 2009 – 2011 yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit. Metode analis data yang digunakan ada-lah metode logistic binary regression. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai perusahaan, kebijakan dividen dan reputasi auditor tidak memiliki pengaruh ter-hadap perataan laba. Sehingga disarankan para investor hendaknya tidak hanya memusatkan perhatian terhadap informasi mengenai laba perusahaan saja dalam mempertimbangkan keputusan untuk berinvestasi, karena penelitian ini menunju-kan bukti bahwa adanya perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

The purpose of this study to examine the effect of firm value, dividend policy and the auditor’s reputation for income smoothing. This study population is a manufacturing company listed on the Stock Exchange. The sample used in this study at 39 manufacturing companies listed on the Stock Exchange beginning in 2009 to 2011 were obtained by purposive sampling method. Method of data collection with the documentation that comes from the company’s financial statements audited. The method used was a data analyst binary logistic regression method. These results indicate that the value of the company, dividend policy and the reputation of the auditor does not have any effect on income smoothing. So that suggested investors should not focus exclusively on information about earnings alone in considering the decision to invest, as this study shows evidence that the presence of income smoothing is done by manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sulistiyawati, S. (1). PENGARUH NILAI PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PERATAAN LABA. Accounting Analysis Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i2.2917

References

Aji, Dhamar Yudho, Aria Farah Mita. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktek Perataan Laba: Studi Empiris Peusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI. Simposium Nasional Ankuntansi XIII Purwokerto 2010.

Sulistiyawati/ Accounting Analysis Journal 2 (2) (2013)
Budiasih, Igan. 2009. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Praktik Perataan Laba. AUDI Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 4, No.1.

Ghozali, Imam, 2006. Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi 3. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Herni, dan Yulius Kurnia Susanto. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Publik: Praktik Pengelolaan Perusahaan, Jenis Industry, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Resiko Keuangan Terhadap Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Industry yang Listing Di BEJ).Journal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol. 32 No. 3.

Jatiningrum. 2000. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Perataan Penghasilan atau Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Kustono, Alwan Sri, 2007. Pengaruh Ukuran, Deviden Payout, Risiko Spesifik, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur Studi Empiris Bursa Efek Jakarta 2002 – 2006. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 14, No. 3.

Meutia, Inten. 2004. Pengaruh Independensi Auditor Terhadap Manajemen Laba Untuk KAP Big 5 dan Non Big 5. JRAI Vol 7 No. 3.

Mursalim. 2005. “Income Smoothing dan Motivasi Investor : Studi Empiris pada Investor di BEJ”. Jurnal Simposium Nasional Akuntasi VIII. Solo.

Purwanto, Agus. 2009. Kerakteristik Perusahaan, Praktik Corporate Governance, Keputusan Keuangan, Perataan Laba dan Nilai Perusahaan. Jurnal Maksi Vol.9 No.2 Agustus 2009.

Prabayanti, Ni luh Putu arik Geriawan Wirawan Yasa. 2009. Perataan Laba dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhinya (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Universitas Udayana.

Rahmi, Anggar Aditya. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Soselisa, Rangga dan Mukhlasin. 2008. Pengaruh Faktor Kultur Organisasi, Manajemen, Strategik, Keuangan, dan Auditor terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi: Studi pada Perusahaan Publik di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Suranta, eddy dan Pratana Puspita Merdiastuti. 2004. Income smoothing, tobin’s Q, agency problems dan kinerja perusahaan. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi VII Denpasar.