PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LUAS PENGUNGKAPAN CSRSEBAGAI VARIABEL MODERASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gatot Putra Dewa
Fachrurrozie Fachrurrozie
Nanik Sri Utaminingsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan serta menguji apakah luas pengungkapan CSR mampu  memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang termasuk dalam LQ45 selama periode 2009-2011. Metode  pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan kriteria termasuk dalam LQ45 selama 2009-2011 berturut-turut serta menggunakan rupiah sebagai satuan dalam laporan keuangannya sehingga didapatkan 24 perusahaan yang digunakan sebagai sampel penelitian.Teknik analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis. Hasil yang diperoleh adalah profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan luas pengungkapan CSR bukan merupakan variabel moderasi dalam pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.

The purpose of this research was to determine whether or not the effect of profitability on firm value and testing whether CSR disclossure is able to moderate the effect of profitability on firm value. The population in this research are all included in the LQ45 companies during the period 2009-2011. The sampling method is done by purposive sampling criteria included in LQ45 during 2009-2011 in a row and use rupiah as a unit in its financial statements to obtain 24 companies are used as a sample. This research use Moderated Regression Analysis toanalysis the hypothesis. The result is profitability have a significant effect on the firm value and CSR disclossure is not a moderating variable in the effect of profitability on firm value.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Gatot Putra Dewa, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia
How to Cite
Dewa, G., Fachrurrozie, F., & Utaminingsih, N. (1). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LUAS PENGUNGKAPAN CSRSEBAGAI VARIABEL MODERASI. Accounting Analysis Journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i1.3911

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Basamalah, Anies S. dan Jhonny Jermias. 2005. “Social and Environmental Reporting and Auditing In Indonesia, Maintaining Organizational Legitimacy?”. Gadjah Mada International Journal of Business Vol 7 No. 1, pp 109-127.

Carningsih. 2009. “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan Dengan Nilai Perusahan (studi Kasus Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Universitas Gunadarma.

Corporate Social Responsibility (CSR). 2009. Dalam Etika Bisnis, Universitas Marotama.

Ghosh, Shaurabh dan Arijit Ghosh. 2003. “Do Leverage, Dividend Policy and Profitability influence the Future Value of Firm? Evidence from India”. http://ssrn.com/abstract=1158251.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi (Edisi 3). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hackston, David dan Markus J. Milne. 1996. “Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zaeland Companies”. Acconting, Auditing, and Accountability Journal Vol. 9 No. 1, pp 77-108.

Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan (Edisi Keempat). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Handoko, Yuanita. 2010. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal Universitas Gunadarma.

Herawaty, Vinola. 2007. “Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Ernings Management Terhadap Nilai Perusahaan”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Akuntansi.

Husnan, Suad. 2000. Manajemen Keuangan, Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Yogyakarta: BPFE.

Indriyo. 1984. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman (Edisi 2007). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Keown, Arthur J, et al. 2000. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.diterjemahkan oleh Chaerul D Djakman dan Dwi Sulistyorini. Jakarta: Salemba Empat.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Nurkhin, Ahmad. 2009. “Corporate Governance Dan Profitabilitas; Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Dibursa Efek Indonesia)”. Tesis: Universitas Diponegoro.

Rahayu, Sri. 2010. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta”. Skripsi:
Universitas Diponegoro.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Silveria, Alexandre Di Miceli da dan Lucas Ayres B. de C. 2007.“Corporate Governance Quality and FirmValue in Brazil”. http://ssrn.com/abstract=923310.

Siregar, Baldric. 2003. “Utang Atau Ekuitas: Pengujian Empiris Pecking Order Hypothesis”. Dalam Jurnal Akuntansi Manajemen, Volume 14 No. 2 Edisi Agustus 2003. Hal 23-33. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sosiologi, Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat & CSR Definisi dan Dimensi CSR. http://mahmudisiwi.staff.ipb.ac.id/2011/05/06/definisi-dan-dimensi-csr/. (25 Oktober 2012).

Suharto, Edi. 2008. “Corporate Social Responsibility: Whats is and Benefits for Corporate”. Makalah disajikan dalam Seminar Dua Hari CSR (Corporate Social Responsibility): Strategy, Management and Leadership, Intipesan, Jakarta 13-14 Februari 2008.

Susanti, Rika. 2010. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Go Public yang Listed tahun 2005-2008)”. Skripsi: Universitas Diponegoro.

Tarmudji, Tarsis. 1992. Statistik Dunia Usaha (Edisi Kedua). Yogyakarta: Liberty.

Teori Struktur Modal. http://www.informasiku.com/2011/04/teori-struktur-modal.html. (25 Oktober 2012).

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. http://www.esdm.go.id/batubara/doc_download/6-

undang-undang-nomor-40-tahun-2007.html. (10 Maret 2014).
Weston, J. Fred dan Thomas E. Copeland. 1999. Manajemen Keuangan (Edisi Kedelapan). Terjemahan Jaka Wasana dan Kirbrandoko. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Yuniasih, Ni Wayan dan Made Gede Wirakusuma. 2007. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai
Variabel Pemoderasi”. Jurnal Universitas Udayana.

Zuraedah. 2010. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi”. Skripsi: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.