PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aditya Hernawan
Amir Mahmud
Linda Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Total Quality Management (TQM), sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial pada PT. Taspen (Persero) baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer tingkat menengah dan bawah di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Semarang. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 34 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Total Quality Management (TQM), sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan berpengaruh terhadap pembiayaan kinerja manajerial. Secara parsial Total Quality Management (TQM) berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Sistem pengukuran kinerja berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial Dan Sistem penghargaan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial Total Quality Management (TQM) berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Sistem pengukuran kinerja berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial Dan Sistem penghargaan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.

The purpose of this study was to determine whether there is influence of Total Quality Management (TQM), system performance measurement and reward systems on managerial performance at PT. TASPEN (Persero) either partially or simultaneously. The population in this study is a managers of mid-level and managers  of lower PT. TASPEN (Persero) at office center Semarang. The study uses purposive sampling there are 34 respondent. The results of this research indicate that simultaneously variable of Total Quality Management ( TQM ) , system performance measurement and reward systems affect the performance of managerial finance. Total Quality Management ( TQM ) has a positive effect on managerial performance. Performance measurement system has a positive effect on managerial performance and rewards system has a positive effect on managerial performance.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Aditya Hernawan, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Hernawan, A., Mahmud, A., & Agustina, L. (1). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL. Accounting Analysis Journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i1.3914

References

Angelina, R. 2012, “Effect Of Total Quality Management, Reward Systems And Organization Commitment To Managerial Performance In Hospital In Pekanbaru".

Dewi, I. R., 2013, Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Hotel Di Kota Padang Dan Bukittinggi). UNP

Ittner, D, dan Larcker, D.F. 1995, TQM And The Choice Of Information And Reward System, Journal For Accounting Research

Kurnianingsih, Retno., (2000), Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia, SNA III, hal 227 – 246.

Kurnianingsih, R. dan Irdriantoro, N, 2001 “Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Manegement Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. Jurnal Sosiohumanika, 14 (2), Mei 2001.h.435-455.

Mahoney, T.A., T.H. Jerdee dan S.J. Carroll, 1963. Development of Managerial performance: A Research approach”. Cincinnati. OH: Southwestern publishing Co..

Mulyadi, dan Setiawan, J, 2007, Sistem Perencanaan dan Pengendlaian Manajemen : Sistem Pelipat Ganda, Kinerja Perusahaan, Edisi Kesatu Cetakan Pertama, Jakarta : Rineka Cipta.

Narsa, I M., 2007, Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan dan Kinerja Manajerial. Fakultas Ekonomi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Narsa, I.M., dan Yuniawati, R.D. 2003, “Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Pengukuran Kinerja Dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris Pada PT. Telkom Divre V Surabaya. Jurusan Ekonomi Akuntansi. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Prajogo, Daniel I. dan Sohal, Amrik S. 2006 “The Relationship Between Organization Strategy, Total Quality Management (TQM), And Organization Performance”.

Sianpar, R. D., 2013. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial. Skripsi. UNP