PENGARUH PROFITABILITAS, OPERATING LEVERAGE, LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI INTERVENING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Retno Wulandari

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, operating leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan, dengan menggunakan struktur modal sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2011, dengan 56 sampel yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan oleh return on assets (ROA), memiliki hubungan dengan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan struktur modal sebagai variabel intervening. Operating leverage yang diproksikan dengan degree of operating leverage (DOL) memiliki hubungan dengan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan struktur modal sebagai variabel intervening, tetapi likuiditas yang diproksikan oleh current ratio (CR) tidak memiliki hubungan dengan nilai perusahaan sebagai variabel dependen dan struktur modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini menemukan bahwa tidak ada pengaruh profitabilitas, operating leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal sebagai variabel intervening.

 

This study aims to examine the influence of profitability, operating leverage, and liquidity on firm value, which using capital structure as an intervening variable. The population of this study is manufacturing firms listed on the Indonesia Stock Exchange during 2011, with 56 sample selected by using purposive sampling. The results of data analysis can be concluded that the profitability proxied by return on Assets (ROA), has relationship with firm value as a dependen variable and capital structure as an intervening variabel. Operating leverage proxied by degree of operating leverage (DOL) has relationship with firm value as a dependen variable and capital structure as an intervening variabel, but liquidity proxied by current ratio (CR) has no relationship with firm value as a dependen variable and capital structure as an intervening variable. This study found that there is no influence of profitability, operating leverage, and liquidity on firm value through capital structure as an intervening variable.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Dwi Retno Wulandari, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Wulandari, D. (1). PENGARUH PROFITABILITAS, OPERATING LEVERAGE, LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI INTERVENING. Accounting Analysis Journal, 2(4). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i4.4172

References

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Gusaptono, R. Hendri. 2010. “Faktor-Faktor yang Mendorong Penciptaan Nilai Perusahaan di BEI” Dalam Jurnal Buletin Ekonomi, Volume 8 No. 2. Hal 70-170. Yogyakarta.

Hardiningsih, Pancawati. 2009. “Determinan Nilai Perusahaan”. Dalam JAI Volume 5 No.2, Juli 2009: 231-250.

Hermuningsih, Sri dan Dewi Kusuma Wardani. 2009. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Efek Indonesia”. Dalam Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 13 No. 2. Hal 173-183 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Jayanti, Dwi Ria. 2010. “Pengaruh Kebijakan Hutang serta Faktor-Faktor Pendukungnya terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Go Public di BEI”. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional „Veteran‟.

Keown et al. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan Chaerul D. Djakman dan Dwi Sulisyorini. Jakarta: Salemba Empat.
Madura, Jeff. 2006. Keuangan Perusahaan Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Mahendra, Alfredo Dj., Luh Gede Sri Artini, dan A.A Gede Suarjaya. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI”. Dalam Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, Vol. 6 No. 2 Bali: Universitas Udayana.

Mardiyati, Umi., Gatot Nazir Ahmad, dan Ria Putri. 2012. “Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010” Dalam Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 3 No. 1 Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Raharjaputra, Hendra S. 2009. Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Seftianne dan Ratih Handayani. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur” Dalam Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 13 No.1 STIE Trisakti.

Wahyudi, Untung dan Hartini Prasetyaning Pawestri. 2006. “Implikasi Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan: Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening” Dalam Jurnal SNA 9 Padang, Universitas Widyagama Malang.

Wardani, Hesti Kusuma. 2010. “Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Operating Leverage Terhadap Struktur Modal. Jakarta: Universitas Gunadarma