PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PAJAK TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Herlinda Pratiwi
Bestari Dwi Handayani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial dan pajak terhadap praktik perataaan laba. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan indeks Eckel sebagai indikator dilakukannya perataan laba. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan ROA (return on asset) berpengaruh negatif terhadap praktik perataan laba. Kepemilikan manajerial dan pajak tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba.

 

The purpose of this study was to examine the effect of profitability, managerial ownership and tax of the income smoothing practices. The sample of this research were 31 of manufactured companies listed in Indonesia Stock Exchange. The technique analysis which used in this research is logistic regression analysis. The result of this study showed that the profitability which proxied by ROA (return on asset) had a negative effect on income smoothing practices. The managerial ownership and the tax had no effect on income smoothing practices.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Herlinda Pratiwi, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Pratiwi, H., & Handayani, B. (1). PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PAJAK TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA. Accounting Analysis Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i2.4189

References

Amanza, Arya Haganta. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2010”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Abiprayu, Kris Brantas dan Irene Rini Demi Pangestuti. 2011. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Kualitas Audit dan Dividend Payout Ratio terhadap Perataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009)”.

Aji, Dhamar Yudho dan Aria Farah Mita. 2010. “Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Sruktur Kepemilikan terhadap Praktek Perataan Laba: Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Simposium Nasional Akuntansi, XIII. Purwokerto.

Albercht, W.D and Ricardson. 1990. “Income Smoothing by Economy Sector”. Journal of Business Finance and Accounting. Winter.

Atarwaman, Rita. D.J. 2011. “Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Kepemilikan Manejerial terhadap Praktik Perataan Laba yang Dilakukan Oleh Perusahaan Manufaktur”. Jurnal Ilmu Ekonomi ADVANTAGE. Vol. 2. No. 2.

Budiasih, IGAN. 2009. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba”. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 4. No.1.

Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Dewi, Ratih Kartika. 2011. “Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan yang Terdaftar di BEI (2006-2009)”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Juniarti dan Corolina. 2005. “Analisa Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) pada Perusahaan-perusahaan Go Public”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 7. No. 2

Kusumawati, Harini. 2002. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktek Perataan Laba pada Perusahaan Perbankan Non Go Public di Indonesia (Tahun 1995-2000)”. Tesis. Semarang: Program Studi Magister
Manajemen, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Masodah. 2007. “Praktik Perataan Laba Sektor Industri Perbankan dan Lembaga Keuangan Lainnya dan Faktor yang Mempengaruhinya”. Proceeding PESAT. Vol. 2.

Tanomi, Rehobot. 2012. “Pengaruh Kompensasi Manajemen, Perjanjian Hutang dan Pajak terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol. 1 No.3. Surabaya: Unika Widya Mandala.

Widhianningrum, Purweni. 2012. “Perataan Laba dan Variabel-Variabel yang Mempengaruhinya (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ)”. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Vol.1. No 1.