FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTAN (PPA)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Alimah
Linda Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan (PPA). Variabel yang dianggap mempengaruhi minat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) adalah (1) Pengalaman kerja, (2) Pendidikan sebelumnya, (3) Biaya peluang, (4) Gender, (5) Persepsi tentang Profesi Akuntan, (6) Persepsi tentang undang-undang Akuntan Publik. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 mahasiswa jurusan akuntansi dan manajemen dari empat perguruan tinggi di Semarang (UNDIP, UNNES, UDINUS, UNISSULA). Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan variabel pengalaman kerja, biaya peluang, gender, dan persepsi tentang undang-undang akuntan publik berpengaruh secara signifikan. Sedangkan dua variabel lain, yaitu pendidikan sebelumnya dan persepsi tentang profesi akuntan tidak memiliki pengaruh secara signifikan. Simpulan penelitian menunjukkan minat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) akan meningkat tanpa adanya pengalaman kerja dengan biaya peluang yang tinggi, serta persepsi yang baik tentang undang-undang akuntan publik. Saran terkait penelitian ini adalah tenaga akuntan pendidik dapat lebih memberikan pengetahuan tentang profesi akuntan terhadap mahasiswanya agar tertarik untuk mengikuti PPA.

The goals of this research to analyze and get empirical evidence about factors influence scholar enthusiasm to follow Education of Accountant Profession. The variable which assumed influence of scholar enthusiasm to follow Education of Accountant Profession are (1) work experience, (2) previous learning, (3) opportunity cost, (4) gender, (5) perception about accountant profession, (6) perception about law of public accountant. This research used 100 schoolar major of accountancy and management from four college in Semarang (UNDIP, UNNES, UDINUS, UNISSULA). Samples were obtained using purposive sampling technique. The research data got by questionar analyzed used logistic regression. The result of this research are work experience variable, opportunity cost, gender, and perception about law of public accountant had an effect on significantly. While two other variable, are previous learning and perception about accountant profession had not an effect on significantly. The conclusion of this research are scholar enthusiasm to follow Education of Accountant Profession will increase without existence of work experience with the high of opportunity cost, also the good perception about the law of public accountant. The advice related this research is the energy of accountant education could more give knowlage about accountant profession to scholar so that interest to follow Education of Accountant Profession.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Nur Alimah, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Alimah, N., & Agustina, L. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTAN (PPA). Accounting Analysis Journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i1.4195

References

Harris, Lutfi dan Ali Djamhuri. 2001. “Analisis Tentang Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Pemilihan Karir Bagi Mahasiswa Akuntansi (Antara Akuntan Publik Versus Non Akuntan Publik)”. Dalam TEMA. Volume II No. 2. Hal 106-135. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Hutaibat, Khaled Abed. 2011. “Interest in the Management Accounting Profession: Accounting Students’ Perceptions in Jordanian Universities”. Dalam Asian Social Science.Volume 8 No. 3. Hal 303-316. Jordanian: Canadian Centre of Science and Education.

Indrawati, Novita. 2009. “Motivasi dan Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Volume 1 No. 2. Hal 124-130. Pekanbaru: Universitas Riau.

Killis, John. 1988. “Hubungan minat kerja, motivasi ekstrinsik dan bimbingan dalam pelajaran dengan kecakapan kerja teknik listrik lulusan STM pada industri-industri DIY”. Tesis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta.

Linda dan Iskandar Muda. 2011. “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa dan Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”. Dalam Jurnal Keuangan & Bisnis.Volume 3 No. 2. Hal 133-143. Nanggroe Aceh Darussalam:
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan.

Mahmud, Amir. 2008. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 3 No. 1. Hal 21-43. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Nainggolan, Andreas Sofyan. 2013. “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Undang-undang Akuntan Publik dan Etika Profesi Akuntan Publik Terhadap Persepsi Mengenai Pilihan Kariernya Sebagai Akuntan Publik”. Skripsi`. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES.

Sugahara, Satoshi., Kazuo Hiramatsu, dan Greg Boland. 2009. “The Factors Influencing Accounting School Students Career Intention to Become a Certified Public Accountant in Japan”. Dalam Asian Review of Accounting, Volume 17 No. 1. Hal 5-22. Japan: Emerald Group Publishing Limited.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik. 2011. Jakarta: Diperbak oleh Kementrian Sekretaris Negara RI.

Widyawati, Sri wahyuni., Sri Suryaningrum dan Kiky Juliana. 2004. “Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi”. Dalam Simposium Nasional Akuntansi VII. Hal 320-339. Denpasar