PENGARUH KUALITAS AUDIT, KONDISI KEUANGAN, PERTUMBUHAN, KEPEMILIKAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI KAP TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN TEXTILE DAN GARMENT YANG LIST DI BEI TAHUN 2010-2012

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hudzaifah Ibnu Aimar Tamir
Indah Anisykurlillah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas audit, kondisi keuangan, pertumbuhan, kepemilikan perusahaan, reputasi KAP terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan textile dan garment yang list di BEI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan textile dan garment yang list di BEI pada tahun 2010-2012. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil dari penelitiaan ini menunjukkan bahwa kualitas audit, pertumbuhan, kepemilikan perusahaan, dan reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan kondisi keuangan perusahaan berpengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern.

The purpose of this research is to know the influence of the quality of audit, financial condition, growth, corporate ownership, public accounting firm’s reputation against the acceptance of the going concern audit opinion on the textile and garment companies list in BEI. The sample used in this study were 13 garment and textile companies list in BEI year 2010-2012. Statistical analysis technique used is logistic regression analysis. The result of this research indicates that audit quality, growth, ownership of the company, and public accounting firm’s reputation does not affect the receipt of going concern audit opinion. While the company's financial condition to affect negatively to the acceptance of the going concern audit opinion.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Hudzaifah Ibnu Aimar Tamir, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia
How to Cite
Tamir, H., & Anisykurlillah, I. (1). PENGARUH KUALITAS AUDIT, KONDISI KEUANGAN, PERTUMBUHAN, KEPEMILIKAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI KAP TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN TEXTILE DAN GARMENT YANG LIST DI BEI TAHUN 2010-2012. Accounting Analysis Journal, 3(4). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i4.4203

References

Adnan, Hafidz dan Arisudhana, Dicky. 2010. Analisis Kebangkrutan Model Altman Z-Score dan Springate pada Perusahaan Industri Property. Universitas Budi Luhur.

Astuti, Irtani Retno. 2012. Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Chandra, Felicia Lianna. 2013. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Penerimaan Opini Audit Mengenai Going Concern pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2, No. 1.

Dewayanto, Totok. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fokus Ekonomi Vol. 6, No. 1, Juni 2011, Hal: 81-104.

Fanny, Margaretta dan Saputra. 2005. Opini Audit Going Concern: Kajian Berdasarkan Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (Studi Pada Emiten di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi VIII. eptember 2005.

Ghazali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

http://en.wikipedia.org/wiki/Big_Four_%28audit_firms%29 (diakses pada jam 19:40 tanggal 17 Maret 2014).

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2004. Standar Profesi Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2012. Metodologi Penelitian
Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi Pertama. BPEE, Yogyakarta.

Januarti, Indira. 2009. Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Auditor, Kepemilikan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Universitas Diponegoro.

Knechel, W. Robert dan Vanstraelen, Ann. 2007. The Relationship between Auditor Tenure and Audit Quality Implied by Going Concern Opinions. Journal of Practice and Theory. Mei 2007.

Peraturan Mentri Keuangan No. 17 Tahun 2008 Tentang Jasa Akuntan Publik.

Praptiorini, Mirna dan Januarti, Indira. 2007. Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Auditor, Kepemilikan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi X. Juli 2007.

Rahayu, Puji. 2007. Assessing Going Concern Opinion: Based on Financial and Non-Financial Information. Simposium Nasional Akuntansi X. Juli 2007.

Rudyawan, Arry Pratama dan Badera, I Nyoman Dewa. 2009. Opini Audit Going Concern: Kajian Berdasarkan Model Prediksi Kebangkrutan, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage dan Reputasi Auditor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 4.2.

Santosa, Arga Fajar dan Wedari, Linda Kusumaning. 2007.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecenderungan Penerimaan Opini Audit Going Concern. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia Vol. 11, No. 2, Desember 2007, Hal: 141-158.

Sari, Kumala. 2012. Analisis Pengaruh Audit Tenure, Reputasi KAP, Disclosure, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2005-2010). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sriyani., Anugrah, Rita., dan Saidi, Julita. 2012. Analisis Pengaruh Prediksi Kebangkrutan, Kinerja Keuangan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, dan Reputasi KAP Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2011).

Susarni, Ovi dan Jatmiko, Singgih. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern.

Wathan, Hizbul., Zulbahridar., dan Savitri, Enni. 2011. Pengaruh Kualitas Audit, Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Automotive and Components yang List Di BEI. Universitas Riau.