FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AUDIT DELAY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alifian Nur Aditya
Indah Anisykurlillah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh size, laba, opini audit, dan ukuran KAP terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010 sampai dengan 2013 dengan metode sampel yang dipakai yaitu Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah secara parsial variabel laba dan opini berpengaruh terhadap audit delay. Variabel size dan KAP tidak memiliki pengaruh terhadap audit delay. Sedangkan secara simultan, seluruh variabel penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap audit delay.

 

The Purpose of this research is to know the influence of size, profitability, audit opinion, and KAP to the audit delay at manufacturing companies registered in BEI with simultaneously asa well as partial relation. The population is manufacturing company listed in BEI in 2012 to 2013 with sample method used that is Purposive Sampling. Analytical techniques used in this research is analysis of multiple linier regression. The results of this research are partially variable there are profit and audit opinion are affect the audit delay. Variable size company and size of KAP has no effect on the audit delay. While in the simultaneously relation, the entire research was influential variables are significantly to the audit delay.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Alifian Nur Aditya, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Aditya, A., & Anisykurlillah, I. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AUDIT DELAY. Accounting Analysis Journal, 3(3). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i3.4204

References

Kartika, Andi, 2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay Di Indonesia :Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Vol, 16 No 1. Fakultas Ekonomi Stikubank, Semarang.

Lestari, Dewi. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay :Studi Empiris Pada Perusahaan Cunsumer Goods yang Terdaftar Di BEI. Skripsi Sarjana. FEB UNDIP. Semarang.

LampiraniKeputusaniKetuaiBapepamiNo:iKep.36/PM/2003iTentangiPasariModal

MarhaYaacob, Najihah, Ayoib Che-Ahmad. 2012. Adoption FRS 138 and Audit Delay in Malaysia. International Journal of Economics and Finance,Vol. 4 No. 1.

Rachmawati, Sistya, 2008, Pengruh Faktor Internal dan Eksternal pada Perusahaan terhadap Audit Delay dan Timeliness, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 10 No. 1, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Shulthoni, Moch.i2012.iDeterminan Audit Delay dan Pengaruhnya Terhadap Reaksi Investor :Studi Empiris Pada Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2007-2008. Junal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis Vol. 1 No. 1. Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Kediri.

Subekti, Imam. dan N.W. Widiyanti. 2004. ”Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay di Indonesia”, Simposium Nasional Akuntansi VII:991-1002.

Syafri, Sofyan. 2011. Teori Akuntansi. Edisi revisi 2011. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Widosari, Shinta A. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Skripsi Sarjana. FEB UNDIP. Semarang