FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN DI INTERNET OLEH PEMERINTAH DAERAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yacoeb Triandy Hudoyo
Amir Mahmud

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kekayaan Daerah, Pendapatan per Kapita, dan Leverage terhadap pengungkapan laporan keuangan di internet oleh pemerintah daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 Pemerintah Kabupaten dan Kota yang mendapat predikat WTP dan WTP-DPP pada tahun 2011. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari BPK, Pendapatan per Kapita yang didapat dari BPS pada tahun 2011. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan per kapita berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan di internet oleh pemerintah daerah. Kekayaan daerah, leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan di internet oleh pemerintah daerah di Indonesia. Bagi Pemerintah daerah diharapkan lebih memperhatikan pengungkapan laporan keuangan di internet.

The purpose of this study was to examine the influence of regional wealth, per capita income, and the Leverage of financial disclosure statements on the internet by local governments. The population in this study was 50 County Government and city got the predicate WTP and WTP-DPP in 2011. This study uses secondary data in the form of local government financial reports of BPK, per capita income gained from BPS in 2011. Hypothesis testing in this study using multiple linear regression with a coefficient of determination, and t. test results showed that per capita income effect on financial disclosure statements on the internet by local governments. The wealth of the region, leverage does not affect the financial disclosure statements on the internet by local government in Indonesia. For local government is expected to pay more attention to financial disclosure statements on the internet.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Yacoeb Triandy Hudoyo, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Hudoyo, Y., & Mahmud, A. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN DI INTERNET OLEH PEMERINTAH DAERAH. Accounting Analysis Journal, 3(4). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i4.4210

References

Afryansyah, Rahmad Dian. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Akuntansi di Internet Oleh Pemerintah Daerah. Skripsi. FEB UNDIP. Semarang.

Brenan, Niamh. Denis, Hourigan. (2000). ”Corporate reporting on the internet by Irish Companies”, Irish Accounting Review, Vol. 7, No. 1, 1999 pp. 37-68, Dublin.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. 2013. Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Tahun 2013 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Jakarta. BPK RI.

Ghozali, Imam. Anis, Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang. FE UNDIP
http://harianti.com/survei-bps-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2013-tembus-71-juta-orang/ diunduh pada 26 mei 2014 pukul 12.03

Puspita, Rora. Dwi, Martani. (2012). ”Analisis pengaruh Kinerja dan Karakteristik Pemda Terhadap Tingkat Pengungkapan dan Kualitas Informasi dalam Website Pemda”. Simposium Nasional Akuntansi 15, Banjarmasin.

Rahman, Aditya. Sutaryo. Agus, Budiatmanto (2013). ”Determinan Internet Financial Local Government Reporting di Indonesia”. Simposium Nasional Akuntansi XVI Hal. 129-155, 2013. Manado.

Serrano, Carlos. Mar. Rueda. Pilar, Portillo. 2008. “Factors influencing e-disclosure in local public administrations”. Dteconz, Vol. 3. 2008, Zaragoza, Spanyol.

Sinaga, Yurisca Febriyanty. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan laporan Keuangan di Internet Secara Sukarela Oleh Pemerintah Daerah. Skripsi. FEB UNDIP. Semarang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.