ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PROFESI AKUNTAN (STUDI EMPIRIS PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA SEMARANG)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eva Nurul Vitriyani
Heri Yanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap prinsip-prinsip etika profesi akuntan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi jenjang Strata 1 dan Diploma 3 pada perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Semarang yang masih aktif per 31 Desember 2014. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 mahasiswa akuntansi. Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah auditing 1. Hasil independent sample t-test, kelompok jenis kelamin menunjukkan tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi laki-laki dan perempuan terhadap etika profesi akuntan. Kelompok program pendidikan juga menunjukkan tidak ada perbedaan persepsi antara program S1 dan D3. Kemudian, hasil uji ANOVA kelompok universitas diketahui tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi UNNES, UNDIP, UDINUS, UNIKA, dan POLINES terhadap etika profesi akuntan. Hasil kelompok umur diketahui tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi umur 18 tahun, 19 tahun, 20 tahun, 21 tahun, dan 22 tahun terhadap etika profesi akuntan. Selanjutnya, hasil kelompok semester diketahui tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi semester 4, semester 6, dan semester 8 terhadap etika profesi akuntan.

The purpose of this study was to determine whether or not differences in accounting students perceptions on the ethical principles of the accountant professions. The population of this study is S1 accounting students and D3 accounting student in state and private universities in Semarang city who still active at 31 December 2014. The sample of  this study were 200 accounting students. The sampling method of this study was purposive sampling method. The criteria of the sample is accounting students who have been through the course of auditing 1. Results of independent sample t-test shows that gender groups have no differences in accounting students perceptions for men and women of the ethical accountant professions. While the program group showed no difference in perception between S1 and D3 of the ethical accountant professions. Then, the results of the ANOVA test shows that there is no difference among the accounting students perceptions of UNNES, UNDIP, UDINUS, UNIKA, and POLINES on the ethical accountant professions. Furthermore, there is no difference in accounting students perceptions for age 18 years, 19 years, 20 years, 21 years, and 22 years on the ethical accountant professions. Then, the overall results of the semester group showed that there is no difference in accounting students perceptions for 4th semester, 6th semester and 8th semester of the ethical accountant professions.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Eva Nurul Vitriyani, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

How to Cite
Vitriyani, E., & Yanto, H. (1). ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PROFESI AKUNTAN (STUDI EMPIRIS PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA SEMARANG). Accounting Analysis Journal, 3(3). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i3.4223

References

Angelia, Rini. 2009. “Analisis Perbedaan Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Berdasarkan Gender dan Strata Pendidikan”. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Negeri Padang: Padang.

Efferin, Sujoko, dkk. 2004. Metode Penelitian Untuk Akuntansi Sebuah Pendekatan Praktis. Malang: Bayumedia

Harahap, Sofyan S. 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Haryono Jusup, Al. 2005. Jawaban Pertanyaan Auditing (Pengauditan) Buku 1.Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Publik. 2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Jojo, Mhd. 2012. “Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Semester Awal dan Mahasiswa Akuntansi Semester Akhir Terhadap Profesi Akuntan”. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Maritim Raja Ali Haji: Tanjung Pinang.

Ludigdo, Unti. 2007. Paradoks Etika Akuntan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Margawati, Retiana. 2010. “Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan Dipandang dari Segi Gender”. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.

Muyadi, 2009. Auditing Buku 1. Edisi ke-6 Jakarta: Salemba Empat.

Nurlan, Andi Basse. 2011. “Persepsi Akuntan Dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia”. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Hasanuddin: Makassar.
.
Permatasari, Anneke S. 2004. “Analisis Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Indonesia”. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Katolik Soegidjapranata: Semarang.

Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, ed 5, Jakarta : Erlangga.

Safri, Mizan Ash Shidqi. 2011. “Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi dan Dosen Akuntansi di kota Padang Terhadap Prinsip-prinsip Etika dalam Kode Etik Institut Akuntan Publik Indonesia. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Andalas: Padang.

Setyawardani. 2009. “Persepsi Mahasiswa Senior dan Junior Terhadap Profesi Akuntan”. Jurnal Akuntansi Nasional, Vol. 13 No. 1 Maret 2009: 84 – 103.

Sihwahjoeni dan M.Gudono, 2000, Persepsi Akuntan terhadap Kode Etik Akuntan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.3, No.2, Juli : 168-184.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembina dan Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed. 2, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka.

Yatimin, Abdullah M. 2006. Pengantar Studi Etika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, Alvian K. 2013. “Persepsi Mahasiswa Senior dan Junior Terhadap Profesi Akuntan”. Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Universitas Pembangunan Nasional: Veteran.