FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN PERBANKAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arizal Latif Fiatmoko
Indah Anisykurlillah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran kantor akuntan publik, ukuran perusahaan, laba/rugi operasi dan opini audit terhadap audit delay. Populasi penelitian ini 33 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2010 sampai 2012. Sampel yang digunakan sebanyak 29 perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2010 sampai 2012. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan yang telah dipublikasikan. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Data diolah menggunakan program SPSS versi 21. Penelitian menunjukkan bahwa ukuran kantor akuntan publik, laba/rugi operasi dan opini audit secara parsial tidak berpengaruh terhadap audit delay, sedangkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap audit delay. Secara simultan ukuran kantor akuntan publik, ukuran perusahaan, laba/rugi operasi dan opini audit berpengaruh signifikan terhadap audit delay.

The purpose of this research is determine the effect of public accountant firm size, firm size, profit / loss operation and audit opinion on audit delay. The population of this research 33 banking companies which have listed on the Indonesian Stock Exchange from 2010 to 2012. The paper uses a sample of 29 firms from Indonesian Stock Exchange with 2010 to 2012 first year end. The sampling technique which is used to get the sample is purposive sampling. Methods of data collection in this research used secondary data with financial statements that have been published. Data analysis which is used is descriptive statistical analysis and multiple linear regressions. The data were processed using SPSS version 21. The research shows that the size of the public accountant firm, profit / loss operation and audit opinion does not effect to audit delay, on the other side the size of the firm have an effect on audit delay. Simultaneously the public accountant firm, the size of firm, profit / loss operation and audit opinion gave significant effect on audit delay.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fiatmoko, A., & Anisykurlillah, I. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN PERBANKAN. Accounting Analysis Journal, 4(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v4i1.7784

References

Iskandar, Meylisa Januar dan Tisnawati, Estralita. 2010. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Report Leg pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 12 No. 3 Tahun 2010.

Lestari, Dewi. 2010. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay :Studi Empiris Pada Perusahaan Cunsumer Goods yang Terdaftar Di BEI”. Skripsi Sarjana. FEB UNDIP. Semarang.

Mulyadi. 2002. Auditing, Buku 1, edisi Enam, Jakarta: Salemba Empat

Rachmawati, Sistya, 2008, “Pengruh Faktor Internal dan Eksternal pada Perusahaan terhadap Audit Delay dan Timeliness”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 10 No. 1, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rochimawati. 2011. ”Analsis Diskriminan Audit Delay Pada Industri Keuangan Di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Skripsi. Universitas Gunadarma.

Rustiarini, Ni Wayan dan Mita Sugiarti, Ni Wayan. 2012. “Karakteristik Komite Audit, Eksternal Auditor, dan Audit Report Lag”. Proceeding Seminar Nasional Hasil Penelitian STIE.

Sari, Hesti Candra. 2011. “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Jangka Waktu Penyelesaian Audit (Kajian Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009)”. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Setiawan, Heru. 2013, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Opini Audit, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Audit Delay pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011”. Skripsi. Jakarta : UIN.

Setyorini, Indah. 2008. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lamanya Penyelesaian Audit (Audit Delay) pada Perusahaan Publik di Indonesia”. Skripsi. Malang : Universitas Brawijaya.

Yuliati, Ani. 2011. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Audit Delay (Studi empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2007-2008)”. Skripsi Sarjana. FISE UNY. Yogyakarta