FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rika Yuliawati
Sukirman Sukirman

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh kepemilikan asing, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013. Total sampel penelitian adalah 64 perusahaan yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang sebelumnya telah dianalisis dengan uji normalitas dan uji asumsi klasik (multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan CSR. Sementara itu, leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan CSR. Di sisi lain, kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan kepemilikan asing, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Saran dari penelitian ini adalah manajemen perusahaan perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelaksanaan dan pengungkapan CSR karena bermanfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang.

 

The study is conducted with the purpose of acquiring empirical evidence related to the influence of foreign ownership, company size, profitability and leverage toward the disclosure of corporate social responsibility (CSR). The population were manufacturing companies listed on the Indonesian Stock Exchange (BEI) in 2013. The research total sample was 64 companies determined through purposive sampling. The technique analysis was conducted using multiple linear regression that had been analyzed by normality test and classical assumption (multicollinierity, autocorrelation and heteroscedasticity). Based on the results of this research indicated that the company size and the profitability had a possitive significant effect to CSR disclosure. Meanwhile, the leverage had a negative significant effect to CSR disclosure. In the other hand, the foreign ownership didn’t succeed to give influence for CSR disclosure. Results of this research indicated that the foreign ownership, the company size, the profitability and the leverage simultanly affect CSR disclosure. Advice that can be given of this research is the awareness of the importance of the implementation and disclosure of CSR for the company in the long term needs to be improved.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuliawati, R., & Sukirman, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Accounting Analysis Journal, 4(4). https://doi.org/10.15294/aaj.v4i4.9119

References

Anggraini, F.R.R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Badjuri, A. 2011. Faktor-Faktor Fundamental Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya Alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan. 3 (1): 38-54.

Djakman, C.D dan Machmud, N. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi XII. Pontianak.

Hackston, D. and Milne, M.J. 1996. Some Determinates of Social and Environmental Disclosure in Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal. 9 (1): 77-100.

Harahap, S.S. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ikatan Akuntan Akuntansi (IAI). 2007. ED PSAK No. 01 (Revisi 2009). Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, A.K. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Struktur Kepemilikan, dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Triple Bottom Line di Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nurkhin, A. 2009. Corporate Governance dan Profitabilitas; Pengaruhnya terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Tesis. Universitas Diponegoro.

Politon dan Rustiyaningsih. 2013. Karakteristik Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur Go Publik. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. 1 (1):1-9.

Reverte, C. 2008. Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure Ratings by Spanish

Listed Firms. Journal of Business Ethics. 88 (2): 351-366.
Said, R., Yuserrie, Hj. Z., dan Hasnah, H. 2009. The Relationship between Corporate Social Responsibility and Corporate Governance Characteristics in Malaysian Public Listed Companies. Social Responsibility Journal. 5 (2): 212-226.

Santioso, L. dan Chandra, E. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, dan Dewan Komisaris Independen dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 14 (1):17-30.

Sayekti, Y. dan Wondabio, L.S. 2007. Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Sembiring, E R. 2003. Kinerja Keuangan, Political Visibility, Ketergantungan pada Hutang, dan Pengungkapan Tanggung Jawab Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.

Sembiring, E.R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Sinaga, A.M. 2011. Pengaruh Elemen Good Corporate Governance (GCG) terhadap Pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Sektor Perbankan di Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Susanti, S. dan Riharjo, I.B. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Cosmetics and Household. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 1 (1): 152-167.

Udayasankar, K. 2007. Corporate Social Responsibility and Firm Size. Journal of Business Ethics. 83 (2): 167-175.
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Waryanto. 2010. Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance (GCG) terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Wijaya, M. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. 1 (1): 26-30.

Wiwoho, Jamal. 2009. Sinkronisasi Kebijakan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dengan Hukum Pajak Sebagai Upaya Mewujudkan

Kesejahteraan di Indonesia. Pidato Pengukuhan Profesor Fakultas Hukum UNS.
Surakarta.