FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK SYARIAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amanda Kyka Marharani
Agung Yulianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Pengawas Syariah, Kepatuhan Syariah dan surat berharga syariah terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2010- 2013 sebanyak 12 bank. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 Bank Umum Syariah dengan 32 unit analisis. Teknik analisis dari penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerbitan surat berharga syariah berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting pada bank umum syariah di Indonesia. Sedangkan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Dewan Pengawas Syariah dan kepatuhan syariah tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting pada bank umum syariah di Indonesia.

The study aimed to determine the factors of Duties and Responsibilities of Sharia Supervisory Boards, Sharia Compliance and issuance Islamic securities of Islamic Social Reporting disclosure level of Sharia Banks in Indonesia. The population in this research was all of the Sharia Banks in Indonesia on 2010- 2013 are 12 banks. The method that used in this research was purposive sampling. The sample of this research was 8 Sharia Banks with 32 unit analysis. The technical analysis in this research were descriptive analysis and inferential analysis with multiple linear regression method. The result of this research showed that the issuance of Islamic Securities has positive effect by Islamic Social Reporting Disclosure Level of Sharia Bank in Indonesia. However, Duties and Responsibilities of Sharia Supervisory Boards and Sharia Compliance were not determine by Islamic Social Reporting Disclosure Level of Sharia Bank in Indonesia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Marharani, A., & Yulianto, A. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK SYARIAH. Accounting Analysis Journal, 5(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v5i1.9746

References

Antonio, M. Syafi’i. 2001. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Assegaf, Yasmin Umar, dkk. 2012. “Bank Syariah di Indonesia: Corporate Governance dan Pertanggungjawaban Sosial Islami (Islamic Social Responsibility Disclosure)”. Dalam CBAM-FE 1 (1). 255-267, Desember 2012. Semarang: Universitas Sultan Agung.

Chariri, A dan Ghazali L. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Chariri, Charles. 2012. “Analisis Pengaruh Islamic Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Bank Syariah di Asia)”. Dalam
Diponegoro Journal of Accounting. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fauziah, Khusnul dan Prabowo Y. J,2013. “Analisis Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks”. Dalam Jurnal Dinamika Akuntansi 5 (1). 12-20, Maret 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Firmansyah, Irman. 2013. “Social Disclosure Perbankan di Indonesia dan Malaysia”. Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis 7 (3). 163-172, November 2013.

Fitria, Soraya dan Dwi Hartanti. 2010. “Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks”. Dalam Simposium Nasional Akuntansi. Purwokerto. Proceeding.

Ikhsan, Arfan dan Herkulanus B. S. 2008. Teori Akuntansi dan Riset Multiparadigma.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khoirudin, Amirul. 2013. “Corporate Governance dan Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Dalam Accounting Analysis Journal 2 (2). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lestari, Puji. 2013. “Determinants of Islamic Reporting in Syariah Banks: Case of Indonesia”. Dalam International Journal of Business and Manajement Invention 2 (10), Oktober 2013. Bandung: Universitas Padjajaran.

Othman, Rohana dan Azlan Md Thani. 2010. “Islamic Social Reporting of Listed Companies in Malaysia”. Dalam International Business and Economics Research Journal 9 (4), April 2010.

Putri, Tria Karina. 2014. “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia Tahun 2011-2012”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Raditya, Amalia Nurul. 2012. “ Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES)”. Skripsi. Depok: Umiversitas Indonesia.

Triyuwono, Iwan. 2006. Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi, dan Teori. Jakarta: Rajagrafindo Persada.