PENGARUH GCG, SIZE, JENIS PRODUK DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN ISR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Awalya Ma’rifatul Jannah
Asrori Asrori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Good Corporate Governance (GCG), size, jenis produk, kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah selama periode tahun 2011-2014. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis dengan metode regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa size dan jenis produk berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan ISR. Sementara itu, GCG dan kepemilikan saham publik tidak berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan ISR.Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperluas jumlah sampel dengan memperpanjang periode penelitian menjadi lima tahun atau lebih. Selain itu, dapat menggunakan daftar perusahaan ISSI ataupun JII. Dengan menggunakan daftar perusahaan tersebut diharapkan dapat lebih menggambarkan kondisi pasar modal syariah Indonesia yang sebenarnya.

The aim of this study is to obtain an empirical evidence about pengaruh good corporate governance, size, product type, and public ownership influence the Islamic Social Reporting (ISR).Populations in this study are all companies that listed in Daftar Efek Syaria exchange in 2011-2014. The sampling method in this study is purposive sampling. The total number of samples in this study were 54 research samples. The analytical techniques was conducted by descriptif statistic and classical assumption test and also hypothesis was tested using multiple regression method. The analysis showed that industry size and product type significantly positive influence the Islamic Social Reporting (ISR). Meanwhile, good corporate governance and kepemilikan saham publik had no significant effect to the Islamic Social Reporting (ISR). The suggestion for next research is enlarge sample quantity by extending research period become five years or more. In addition , by using list company ISSI or JII. Expectable will be able to describe the real condition of indonesian syaria capital market.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jannah, A., & Asrori, A. (2016). PENGARUH GCG, SIZE, JENIS PRODUK DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN ISR. Accounting Analysis Journal, 5(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v5i1.9758

References

Alqur’anul Karim

Cahya, B. A. 2010. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) (Studi Pada Bank Di Indonesia Periode Tahun 2007-2008). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Ekowati, dkk. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012). Skripsi. Madura : Universitas Trunojoyo.

Hadi, Nor. 2011.Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu

Indriantoro, 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta

Kristi, A. A. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Publik di Indonesia. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Maulida, dkk. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Simposium Nasional Akuntansi 17.

Putri dan Yuyetta. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Tahun 2011-2012. Diponegoro Journal Of Accounting. Vol. 3. No.2 Tahun 2014

Raditya, A. N. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES). Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ratnasari, Yunita. 2011. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Dalam Sustainibility Report. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. 2009. Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Sharia-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies.

Waryanto. 2010. Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Reporting di Indonesia. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro

Widiawati dan Raharja. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan - Perusahaan Yang Terdapat Pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011. Diponegoro Journal Of Accounting. Vol. 1. No.2 Tahun 2012.