ANALISIS POTENSI GURU SMK TATA KECANTIKAN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL Analisis Potensi Guru SMK Tata Kecantikan dalam Melakukan Penelitian Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Cara yang dapat ditempuh guru agar dapat mengembangkan diri secara profesional antara lain dengan melakukan
penelitian. Namun fakta di lapangan menunjukkan hanya sedikit guru yang melakukan penelitian. Padahal guru dituntut
untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi guru SMK Tata
Kecantikan dalam melakukan penelitian sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional. Metode penelitian adalah
penelitian kuantitatif non eksperimental. Teknik pengambilan data menggunakan survei, angket, dokumentasi. Sampel
penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 3 Magelang jurusan Tata Kecantikan yang berjumlah 10 orang. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian pada
variabel potensi profesional guru mendapatkan nilai 74,44% dan dikategorikan berpotensi. Variabel keterampilan
melakukan penelitian mendapatkan nilai 73,33% dan dikategorikan berpotensi. Variabel peningkatan profesional mendapat
nilai 74,56% dan dikategorikan berpotensi. Simpulan dari penelitian ini yaitu guru SMK Negeri 3 Magelang jurusan Tata
Kecantikan berpotensi untuk melakukan penelitian sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesional.