EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO SANGGUL TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNNES
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Belajar mandiri yang efektif bagi setiap mahasiswa tidaklah sama, kemampuan menyerap materi dan
daya ingat mahasiswa salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar. Terdapat mahasiswa yang lebih mudah
memahami materi melalui gaya belajar visual, auditori maupun keduanya yaitu audio visual, Zarel, dkk (2019:
2). Sehingga mahasiswa membutuhkan sumber belajar yang dapat mendukung mahasiswa belajar mandiri. Salah
satu upaya untuk mendukung kegiatan belajar yaitu dengan menerapkan media video pada mata kuliah sanggul
tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan efektifitas penggunaan media video
edukatif sanggul tradisional dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi,
kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, validitas, dan N-Gain.
Media video edukatif sanggul tradisional dinyatakan sangat layak oleh ahli. Tanggapan peserta didik diperoleh
rata-rata persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil N-Gain tes kognitif diperoleh rata-rata 0,71 dengan
kriteria tinggi. Sedangkan hasil N-Gain tes psikomotorik diperoleh rata-rata 0,59 dengan kriteria sedang