KELAYAKAN TONER AIR KURMA UNTUK MENCERAHKAN KULIT WAJAH KUSAM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rofiatussaiah - -
Maria Krisnawati

Abstract

Abstrak


Rofiatussaidah, 2020. Kelayakan Toner Air Kurma Untuk Mencerahkan Kulit Wajah Kusam. Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakulltas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Maria Krisnawati, S.Pd., M.Sn.


Toner merupakan kosmetik pembersih yang dirancang untuk menyegarkan wajah yang diaplikasikan setelah penggunaan pembersih. Penambahan kurma diharapkan dapat meningkatkan kecerahan pada kulit wajah kusam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk toner air kurma untuk mencerahkan kulit wajah kusam.


Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa checklist untuk mengukur uji inderawi, uji kesukaan, dan uji klinis. Uji inderawi pada penelitian ini ilakukan oleh 3 panelis ahli dengan indikator warna, aroma, dan tekstur. Uji kesukaan ilakukan oleh 25 panelis agak terlatih dengan indikator warna, aroma, tekstur, kesan pemakaian, kesan setelah pemakaian, dan sensitivitas. Dan uji klinis dilakukan oleh 3 panelis ahli terhadap 10 responden dengan indikator tingkat kecerahan warna kulit. Analisi data yang digunakan deskriptif persentase.


Toner air kurma pada uji inderawi dinyatakan sangat layak dengan nilai rata – rata sebesar 83,33%. Hasil uji kesukaan dinyatakan sangat suka dengan nilai rata – rata 86,66%. Hasil uji klinis dinyatakan sangat layak dengan nilai rata – rata 80,24%. Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji inderawi dinyatakan sangat layak, hasil uji kesukaan dinyatakan sangat suka, dan hasil uji klinis terdapat adanya perubahan kecerahan kulit wajah.


Kata kunci: toner, air kurma, mencerahkan


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##