Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Moodle Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Rias Wajah Panggung Di SMK N 3 Magelang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitri Choyrotul Ismawati
Marwiyah Marwiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring menggunakan Moodle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran tata rias wajah panggung di SMK N 3 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperiment one-group pretest-posttest design, yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok kelas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) Nilai rata-rata N-Gain score untuk pembelajaran tata rias wajah panggung menggunakan Moodle adalah sebesar 60,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. (2) Didapatkan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,649. Dari output tersebut diperoleh koefisisen determinasi sebesar 0,421 yang berarti bahwa pengaruh variabel X (Moodle) terhadap variabel Y (hasil belajar) adalah sebesar 42,1%. (3) Koefisien regresi X sebesar 0,340 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Moodle, maka nilai hasil belajar bertambah sebesar 0,340. koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa arah pengaruh variabel X terhdap variabel Y positif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##