PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA RIAS WAJAH SEHARI-HARI MELALUI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMK N 1 TEGAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novia Restu Windayani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik di dalam sub pokok bahasan rias wajah sehari-hari SMK N 1 Tegal dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam sub pokok bahasan rias wajah sehari-hari. Populasi penelitian ini adalah Semua siswa kelas X SMK N 1 Tegal sejumlah 33 siswa.Teknik pengambilan sampel yaitu sample jenuh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, objek penelitian ini adalah Sub Pokok Bahasan Rias Wajah Sehari-hari dengan model Multimedia Pembelajaran Interaktif. Metode yang digunakan yaitu metode tes, non test, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deksritif presentase dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar praktik rias wajah sehari-hari  model multimedia pembelajaran interaktif di kelas tersebut.

Purpose of this study was to determine the increase in student learning outcomes in the cognitive, affective,and psychmotor in teh subject sub make up everday.The study population was all 10 grade students of SMK Negeri 1 Tegal number off 33 students. Samplin technique that tampling saturated sample of samples. This study is an experimental reasearch, the object of this study is the subject of the sub everday make up to a model of multimedia interactive learning method used is, etode test, non testing, and documentation.Methodes of adat analysic using the percentage dekritif analysic and T test.The results of this study indicate that there are differences in leaning outcomes practice everday make up using the model of the class multimedia pembelajaran learning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Sugiyono.2013. Metode Penelitian
Jakarta: PT. Angkasa

Slameto. 2010. Hasil Belajar.
Bandung: Alfabeta

Munir, 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur dan Aceng Ruhendi Saifullah. 1990. Membaca ddalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.