Abstract

Anak merupakan individu yang memiliki bakat dan masih  harus dikembangkan. Anak mempunyai karakteristik yang khas dan berbeda dengan orang dewasa serta akan berkembang menjadi manusia dewasa seutuhnya. Dalam hal ini anak merupakan seorang individu yang memiliki pola perkembangan dan kebutuhan tertentu serta berbeda dengan orang dewasa. Proses perkembangan anak untuk menjadi manusia dewasa melewati masa perkembangan. Anak pada usia 4-6 tahun mengalami perubahan perkembangan sosial-emosional. Perkembangan sosial-emosional ditandai dengan semakin kompleksnya pergaulan anak. Perkembangan sosial emosional merupakan perkembangan tingkah laku anak untuk merasakan, memahami orang lain dan dalam proses menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menggambarkan atau mendeskripsikan tentang perkembangan sosial-emosional anak usia 4-5 tahun di panti asuhan. Dalam penelitian ini menggambarkan suatu subjek penelitian apa adanya. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan memiliki perkembangan  sosial emosional yang berbeda. Anak yang sudah memiliki perkembangan sosial emosional yang baik ketika anak sudah mampu menunjukkan aspek-aspek perkembangan dengan baik, seperti halnya anak dapat menunjukkan rasa empati, rasa kasih sayang, bersikap gigih, mengenal tata karma yang baik dapat bersikap toleran terhadap teman. Anak yang masih memiliki perkembangan sosial emosional yang kurang baik ketika anak belum bisa menunjukkan sikap-sikap dalam sosial emosional. Masih memiliki ego yang tinggi dan tidak memperdulikan teman lain. Ada yang sudah memiliki perkembangan sosial emosional yang baik dan ada yang masih kurang. Perkembangan sosial emosional anak di Panti Asuhan berbeda dengan perkembangan sosial emosional anak di Sekolah. Perbedaan tersebut disebabkan karena adanya perbedaan lingkungan di Panti Asuhan dan di Sekolah. Ketika di Panti teman-temannya mempunyai latar belakang yang sama sehingga anak bias bersosialisasi dengan baik. Berbeda  dengan di Sekolah, anak-anak harus bersosialisasi dengan anak yang latar belakangnya berbeda.

Children are individuals who have the talent and yet to be developed. Children have distinct characteristics and are different from adults and will develop into an adult human whole. In this case the child is an individual who has a developmental pattern and particular needs and are different from adults. The process of development of the child to be an adult through a period of development. Children at the age of 4-6 years experience changes in social-emotional development. Social-emotional development is characterized by increasing complexity child relationships. Social development emotional development of the child's behavior is to sense, understand others and in the process of adjusting to the rules in force in the community. This study used a qualitative descriptive approach. This study will illustrate or describe the socio-emotional development of children aged 4-5 years in an orphanage. In this study describes a research subject is. The data collection in this study using observation, interview and documentation. Based on the results of research conducted by the researchers showed that children living in orphanages have different emotional social development. Children who already have a good emotional social development when children are able to demonstrate aspects of the development well, as does the child can show empathy, compassion, be persistent, know that good manners can be tolerant of friends. Children who still have social emotional development is not good when children can not demonstrate social attitudes in emotional. Still has a high ego and not considering other friends. There are already having social emotional development is good and there is still lacking. Social emotional development of children in orphanages in contrast to the social emotional development of children in school. The differences are due to differences in the environment and in the School Orphanage. When at the center of his friends have similar backgrounds so biased children to socialize well. Unlike in school, children need to socialize with children of different backgrounds.