Abstract

Kerusakan lingkungan hampir melanda seluruh belahan bumi, termasuk juga sekolah. Padahal di sekolah sudah ada pendidikan tentang karakter peduli lingkungan. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh penanaman nilai-nilai konservasi terhadap pendidikan karakter peduli pada lingkungan untuk anak usia dini, terutama anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan penelitian eksperimen yang dilakukan di TK Annur Semarang menunjukkan bahwa kriteria yang diperoleh dari 20 sampel yang diteliti awalnya memiliki karakter peduli lingkungan baik 55% menjadi 10% dan kriteria sangat baik yang semula 45% menjadi 90%. Karakter peduli pada lingkungan mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 106,55 menjadi 124,25 dan mengalami peningkatan 17,70 poin. Serta penanaman nilai-nilai konservasi memiliki pengaruh 52,40% terhadap karakter peduli pada lingkungan anak usia dini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai konservasi di sentra bahan alam memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap karakter peduli pada lingkungan untuk anak usia. Disarankan bagi siswa, orangtua, guru, dan masyarakat agar dapat  menanamkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan sehari-hari.

Environmental damage almost swept the entire hemisphere, including schools. Whereas in existing schools on character education environmental care. Therefore conducted a study which aims to determine the effect of planting conservation values ​​of the character concerned with environmental education for early childhood, especially children aged 5-6 years. Based on experimental research conducted in kindergarten Annur Semarang showed that the criteria obtained from 20 sampels were examined initially have good character of environmental care 55% to 10% and a very good criterion which was originally 45% to 90%. Character care about the environment have increased the average value of 124.25 and 106.55 into increased 17.70 poins. Planting and conservation values ​​of 52.40% has an influence on the character of care for early childhood environments. It can be concluded that the planting of conservation values ​​in the centers of natural materials gives significant effect on the character cares about the environment for children aged. It is recommended for students, parents, teachers, and communities in order to instill conservation values ​​in everyday life.