Abstract

Media apron tematik salah satu media alternatif untuk anak dalam kemampuan perkembangan kognitif dan mempermudah pendidik dalam melakukan pembelajaran. Rendahnya literasi adalah masalah mendasar yang berdampak luas untuk kemajuan dan kehidupan bangsa. Pengenalan literasi sains dengan kemampuannya agar mampu memperoleh pengetahuan baru dan mempelajari benda-benda dari lingkungan yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media apron tematik dalam meningkatkan pengenalan literasi sains pada KB Dharma Wanita Kuniran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni penelitian jenis eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi yang terdiri dari 48 anak KB Dharma Wanita Kuniran. Teknik pengambilan sampel yakni sampel nonprobability sampling yang menggunakan purposive sample dengan sampelnya berjumlah 33 anak berusia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yakni menggunakan analisis deskriptif dan uji beda melalui Paired Sampel T-Test. Hasil dari penelitian perhitungan uji t memperoleh nilai  >  yakni 27,054 > 2,03693 dengan nilai yang signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Maka  ditolak sedangkan  diterima yang berarti ada peningkatan pada pengenalan literasi sains anak. Terdapat perbedaan dari rata-rata pretest 80,45 setelah diberikan perlakuan posttest meningkat menjadi 122,94 maka memperoleh peningkatan secara signfikan sebesar 42,49. Hasil uji n-gain memperoleh nilai sebesar 1,28 yang menunjukkan bahwa terdapat keefektifan media apron tematik untuk meningkatkan pengenalan literasi sains dengan kriteria keefektifan tinggi.