Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan game edukatif terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun dalam mengenal ragam hewan. Game edukatif yang digunakan yaitu Game Kahoot!. Penelitian dilakukan pada kelompok B KB TK Nasima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre test pos test design. Subjek penelitian berjumlah 30 anak dengan pembagian 14 anak TK B1 Prabumullih dan 16 anak TK B2 Sungai Liat. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah Game Kahoot!, observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Game Kahoot! terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak dalam mengenal hewan setelah dilakukan perlakuan.  Pada tahap pre test, nilai rata-rata penguasaan Bahasa Inggris anak adalah 29,37 yang berada pada kategori MB (Mulai Berkembang). Kemudian setelah 12 kali perlakuan, dilakukan pre test yang menunjukkan kenaikan nilai rata-rata menjadi 53,80 yang berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dengan kenaikan nilai sebanyak 24,43. Nilai uji paired sample t-test pada penelitian ini 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) artinya ada pengaruh positif dari penggunaan Game Kahoot! terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak. Hasilnya disimpulkan bahwa penggunaan Game Kahoot! terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun dalam mengenal hewan di KB TK Nasima.