Abstract

Kehadiran gadget yang semakin canggih sudah menjadi kebutuhan sehari-hari semua usia, dari orang dewasa bahkan anak-anak zaman sekarang sudah mampu dan memahami cara menggunakan gadget. Dalam penggunaan gadget pasti terdapat beberapa dampak yaitu salah satunya dapat meningkatkan kreativitas pada anak, akan tetapi bila anak terlalu sering hingga kecanduan bermain gadget akan mempengaruhi aktivitas atau kecerdasan anak menurun dan menjadi malas untuk melakukan segala hal dalam berpikir atau malas belajar terutama pada kecerdasan logika.


Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget ditinjau dari kreativitas figural serta untuk mengetahui apa dampak positif dan bagaimana cara mengatasi dampak negatif. Kreativitas figural adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau gagasan baru melalui gambar yang dibuat. Kreativitas figural ini didasarkan pada kegiatan menggambar untuk menghasilkan ide atau gagasan baru, tetapi tidak memerlukan keterampilan atau kemampuan menggambar.  Proses pengerjaan gambar untuk melihat kreativitas figural yaitu peneliti mengamati proses kegiatan menggambar di kelas yang diberikan contoh oleh guru kemudian anak dapat menirukannya.


Gadget dapat mendukung perkembangan kreativitas anak, terlebih kreativitas figural. Karena anak sudah mengenal dan menggunakan gadget serta banyak fitur yang beraneka ragam, gadget dianggap bisa membantu perkembangan kreativitas anak sebagai penambah pengetahuan dan sumber referensi untuk berkreasi. Berdasarkan wawancara orang tua anak usia dini di TK Aisyiyah Kauman Batang yaitu dampak dari penggunaan gadget lebih cenderung berdampak positif. Kemampuan mewarnai dan menggambar anak menjadi lebih meningkat dan bervariasi setelah menyaksikan banyak referensi yang ia dapat saat menggunakan gadget dan dapat memecahkan teka-teki tebak gambar yang merupakan salah satu permainan di gadget. Anak menjadi memiliki banyak pandangan yang semakin beragam berkat gadget dan juga internet yang ia mainkan.