Abstract

Kemampuan membaca permulaan anak  merupakan  bagian dari  aspek perkembangan bahasa yang sangat penting untuk dikuasai anak, Salah satu hal yang dapat mendukung dalam keberhasilan pembelajaran adalah pemilihan metode dan media  yang sesuai sehingga pembelajaran dapat menyenangkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran edutainment dengan didukung oleh media explotion box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa media explotion box baik digunakan sebagai pendukung metode pembelajaran edutainment dan untuk mengetahui  keefektifan metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. penelitian ini menggunakan metode pre - experimen design dan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa RA Misbahul Ulum Pasucen Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 anak. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan membaca permulaan anak dan observasi guna mencari data penggunaan metode pembelajaran edutainment. Analisa data dilakukan dengan uji n-gain untuk melihat adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan. Dan  paired samplel t - test untuk pengujian perbedaan skor yang diperoleh sebelum dan setelah diberikan perlakuan.


Hasil Penilaian validator ahli media meliputi efisiensi media explotion box, keakuratan media explotion box, estetika, ketahanan media explotion box dan keamanan media explotion box. Berdasarkan  hasil analisis yang telah dilakukan, media pembelajaran explotion box setelah direvisi  memiliki nilai sebesar 67% artinya media explotion box memiliki kategori “valid”, sehingga media explotion box layak untuk digunakan dan juga pada hasil observasi penggunaan metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box mendapatkan skor sebesar 78,8%, pada kriteria persentase  skor hasil observasi dengan menggunakan metode pembelajaran edutainment berada pada kategori “baik”. Sehingga kemampuan membaca permulaan lebih baik setelah diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box dibanding sebelum diberikan perlakuan. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode pembelajaran edutainment berbantuan media explotion box efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Hasil uji n-gain memperoleh skor sebesar 1,63 yang berkategori tinggi. Uji paired sample t test memperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu  81,806 > 2,03951 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.


 


Kata Kunci: metode pembelajaran edutainment, media explotion box, kemampuan membaca permulaan.