Penguatan Soft Skill Kesiapan Kerja 4.0 Bagi Guru SMK Farmasi Industri Kota Semarang

  • Harjono Harjono Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Willy Tirza Eden Program Studi Farmasi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Kasmui Kasmui Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • M. Kholid Baror Abadi UPT Perpustakaan, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Soft Skills, SMK Farmasi Industri, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi soft skill kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0 siswa SMK Farmasi Industri di Kota Semarang melalui pelatihan guru adaptif dan produktif. Target yang hendak dicapai pada khalayak sasaran guru SMK adalah tercapainya perubahan sikap atau perilaku dalam mengembangkan potensi diri untuk menyelesaikan masalah dan kecelakaan di tempat kerja. Program aksi yang dilakukan adalah 1) observasi mitra pengabdian dan penyusunan angket evaluasi; 2) persiapan sarana dan prasarana pelatihan soft skill; 3) persiapan konsep strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang akan dilakukan pada workshop dan 4) pelaksanaan workshop pelatihan soft skill kesiapan kerja 4.0. Hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut adalah Guru SMK Farmasi Industri memiliki kompetensi pedagogik terkait implementasi soft skill kesiapan kerja 4.0. Guru mampu membuat perencanaan kegiatan soft skill berupa aktivitas, analisa, abstraksi dan aplikasi. Siswa lulusan farmasi industri memiliki soft skill siap kerja di era revolusi industri 4.0 yang cukup dalam bekerja di industri setelah lulus.

Published
2021-08-13
How to Cite
Harjono, H., Eden, W., Kasmui, K., & Abadi, M. K. (2021). Penguatan Soft Skill Kesiapan Kerja 4.0 Bagi Guru SMK Farmasi Industri Kota Semarang. BERDAYA Indonesian Journal of Community Empowerment, 1(1), 30-37. https://doi.org/10.15294/berdaya.v1i1.45641
Section
Articles