Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Plugin AutoProctor Google Form Sebagai Solusi Evaluasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi

  • Kholiq Budiman Universitas Negeri Semarang
  • Riza Arifudin
  • zaenal abidin
  • Endang Sugiharti
  • anggyi trisnawan putra
Keywords: Evaluasi Online, Pengawasan otomatis, Kecerdasan Buatan

Abstract

Pandemi COVID 19 mengubah proses belajar mengajar di seluruh dunia dari yang awalnya tatap muka menjadi online. Di masa pandemi, pembelajaran online memberikan suasana dan pengalaman baru bagi guru maupun siswa. Banyak aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan, namun belum semuanya memiliki fitur dan kapasitas yang sesuai dan menarik untuk digunakan sebagai media evaluasi online pembelajaran siswa. Kelemahan utama dari aplikasi evaluasi yang umum diterapkan yakni pada model pengawasannya, siswa mengerjakan evaluasi secara mandiri di rumah dan hal ini memungkinkan mereka untuk mengerjakan ujian secara kerjasama. Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan siswa bisa berbentuk saling berbagi jawaban dengan teman maupun keluarga. Plugin AutoProctor dalam Google Form dipilih karena mampu mengatasi berbagai kelemahan yang terjadi dalam pengawasan. Plugin AutoProctor yang dibekali dengan kemampuan menilai kecurangan secara otomatis berbasis kecerdasan buatan juga mempermudah guru dalam pengawasan ujian. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Serta didapat hasil penerapan auto proctoring yang efektif digunakan sebagai alat bantu pengawasan oleh guru dimasa pandemi ini.

References

T. M. Simbolon and G. Gunarto, “Kebijakan Hukum Pidana Terhadap Tindak Pidana Penghinaan Atau Pencemaran Nama Baik Melalui Internet Di Indonesia Sebagai Cybercrime,” J. Daulat Huk., vol. 1, no. 1, 2018.
[2] M. Fitrah and R. Ruslan, “Eksplorasi sistem pelaksanaan evaluasi pembelajaran di sekolah pada masa pandemi covid-19 di Bima,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 178–187, 2021.
[3] Y. Astriani and I. Marzuki, “PJJ: Digital Transformasi Daring Pada Evaluasi Pendidikan Di Era Pandemi Covid-19,” Rausyan Fikr J. Pemikir. Dan Pencerahan, vol. 17, no. 1, pp. 76–83, 2021.
[4] H. Septanto, “Studi Komparasi Antara Media Evaluasi Berbasis Multimedia dengan Media Evaluasi Berbasis Kertas Terhadap Hasil Ujian Pengenalan TIK pada Peserta Pelatihan Kejuruan Operator Komputer di PPKD Jakarta Timur,” Bina Insa. ICT J., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2018.
[5] M. P. Abubakar, Y. I. Tanjung, Z. Azhar, M. PFis, and R. Prayogi, Implementasi Computer Based Test (CBT) Fisika: Modelling Assessment Konseptual Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots). Media Sains Indonesia, 2021.
[6] Y. Rosmansyah, M. H. Ritonga, and A. B. Hardi, “An attack-defence tree of e-exam system,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 14, no. 23, pp. 251–259, 2019, doi: 10.3991/ijet.v14i23.11088.
[7] A. S. Jahja, “Integritas akademik dalam membangun SDM profesional di perguruan tinggi: Kasus academic dishonesty STIE Perbanas,” J. Ilmu Pendidik., vol. 14, no. 1, 2016.
[8] R. Bawarith, D. Abdullah, D. Anas, and P. Dr., “E-exam Cheating Detection System,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 8, no. 4, pp. 176–181, 2017, doi: 10.14569/ijacsa.2017.080425.
[9] L. Furby, “Are You Implementing a Remote Proctor Solution This Fall? Recommendations from NLN Testing Services,” Nurs. Educ. Perspect., vol. 41, no. 4, pp. 269–270, 2020, doi: 10.1097/01.NEP.0000000000000703.
[10] R. Nagal, P. Nemkul, D. K. Mandal, N. Kumar, and A. Joseph, “Android based Secure Exam Management System to Prevent Impersonation,” Manag. Appl. Sci. 1 st Spec. Issue Eng. Technol. |, vol. VI, no. May, pp. 46–49, 2017, [Online]. Available: www.ijltemas.in.
[11] K. Sando, M. S. Medina, and K. Whalen, “The need for new guidelines and training for remote/online testing and proctoring due to COVID-19,” Am. J. Pharm. Educ., vol. 85, no. 1, pp. 1–4, 2021, doi: 10.5688/AJPE8545.
[12] K. Budiman, S. Subhan, and D. A. Efrilianda, “Business process reengineering to support sustainability of the sales commodities in large transaction with quotation system,” Sci. J. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 84–91, 2021.
[13] K. Budiman, F. Y. Arini, and E. Sugiharti, “Disaster recovery planning with distributed replicated block device in synchronized API systems,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1567, no. 3, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1567/3/032023.
[14] K. Budiman, A. Putra, Alamsyah, E. Sugiharti, M. A. Muslim, and R. Arifudin, “Implementation of ERP system functionalities for data acquisition based on API at the study program of Universities,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1918, no. 4, p. 042151, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1918/4/042151.
Published
2022-10-26
How to Cite
Budiman, K., Arifudin, R., abidin, zaenal, Sugiharti, E., & putra, anggyi. (2022). Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Plugin AutoProctor Google Form Sebagai Solusi Evaluasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi. BERDAYA Indonesian Journal of Community Empowerment, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/berdaya.v2i1.60032
Section
Articles