PENDIDIKAN DAMAI DALAM PEMBELAJARAN VOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PADUAN SUARA SUNADESIS DI MALUKU

  • Misye Pattipeilohy Prodi Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Peace education, Vocal learning, Character education, Choir

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu faktor yang dapat menciptakan perdamaian karena manusia banyak belajar untuk menuju perubahan yang lebih baik. Salah satu bentuk pendidikan nonformal yang dipilih oleh peneliti untuk pembentukan  karakter adalah paduan Suara Sunadesis melalui  penggunaan metode hukuman, hadiah, dan metode outbound dalam pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, menganalisis pendidikan damai dalam membentuk teknik  vokal dan mendidik karakter individual paduan suara Sunadesis; kedua,  menemukan nilai-nilai pendidikan dalam pembelajaran vokal paduan suara Sunadesis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan damai melalui metode  hukuman dan outbound dapat membentuk teknik bernyanyi, diantaranya adalah pernapasan, resonansi, dan register. Sedangkan untuk karakter individual, mampu mendidik karakter religius, disiplin, hormat, jujur dan bertanggung jawab. Motivasi melalui hadiah merupakan bentuk penghargaan kepada anggota paduan suara yang mengalami  perkembangan karakter vokal dan karakter individual. Dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi melalui metode dalam pendidikan damai maka dapat menemukan nilai-nilai agama, budaya, moral dan estetika untuk  menciptakan perdamaian dalam hubungannya dengan Tuhan, sesame, dan lingkungan alam.

Character education is one factor to create peace since human being learn a lot to lead to a better change. One of non-formal education forms which is chosen by researcher to build character is Sunadesis choir through making use of punishment and reward method and outbound method in its learning. The aims of this research are: (1) to analyse peace education to shape vocal technique and to educate Sunadesis choir’s individual character; (2) to find out education values in learning vocal of Sunadesis choir. This study uses qualitative method. The data collection technique used is observation, interview and document study. The data reliability used extended participation, thorough observation, and triangulation. Technique of data analysis which is data reduction, data presentation, and conclusion/verification of theory. The result of this study shows that peace education through punishment and reward method can create singing techniques such as respiration, resonance, and register. Whereas for individual character is to able to teach character value especially religious character, discipline, respect and responsible. Motivation through rewards is appreciation to the members of the choir who experienced vocal character development and individual character.

References

Abineno Ch. J.L. 1987. Ibadah Jemaat. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Aminah Siti. 2014. Tesis: Pengembangan Model Program Bimbingan Dan Konseling Berbasis Karakter Di Sekolah Dasar. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Aqip Zainal. 2012. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Aryani Farida. 2014. “Pendidikan Damai Dan Hak Asasi Manusia Untuk Mencegah Kekerasan Di Sekolahâ€. Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan. Diperoleh dari http://digilip.unm.ac.id/files/disk1/7 unm-digilipunmfaridaarya-301-1-artikel-m.pdf (diunduh tanggal 26 Pebruari 2015).

Assegaf, Rahman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan.Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Aunillah Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Laksana.

Aynur, P. 2011. Kebutuhan Pendidikan Karakter. International Journal of Sosial Sciences and Humanity Studies. Vol.3, No. 2, 2011 ISSN: 1309-8063.

Budiningsih Asri. 2005. Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Damayanti Deni. 2014. Panduan Immplementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Djohar, MS. 2002. Pendidikan Strategik: Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan.Yogyakarta: LESFI

Flissaard E.Antoon. 2009. Hermeneutik Paduan Suara. Yogyakarta: Amara Books.

Gaza Mamiq. 2012. Bijak Menghukum Siswa, Yogyakarta, AR-RUZZ MEDIA.

Ghony, D. & Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: AR-RUZZ MEDIA.

Gie The Liang. 1997. Filsafat keindahan. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Haleluya Cox. 2010. Fungsi Musik Dalam Kehidupan Manusia. http://budayamusik.blogspot.com/2010/03/fungsi-musik-dalam-kehidupan-manusia.html?m=1 (diunduh: 11 Februari 2015).

Hamid Sholeh. 2013.Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press.

Handoko Agus Budi. 2011. Fungsi Dan Kedudukan Paduan Suara Dalam Liturgi.http://handokoagusbudi.blogspot.com/2011/12/fungsi-dan kedudukan-paduan-suara-dalam.html?m=1

Hartono. 2012. Pembelajaran Tari Anak Usia Dini.Semarang: Unnes Press.

Ilahi M.Takdir. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Jati Wasisto Raharjo. 2013. Kearifan Lokal Sebagai Resolusi Konflik Keagamaan, Jurnal Walisongo,Volume 21,No 2, November 2013.

Kurniawan Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Listya Agastya Rama. 2007. A~Z Direksi Paduan Suara, Jakarta: Yayasan Musik Gereja Di Indonesia.

Luddin Abu Bakar M. 2010. Dasar-Dasar Konseling, Tinjauan Teori Dan Praktek. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Masi M. Lolang. 2014. Tesis: Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Smk Swasta Kota Semarang. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Mawene. M.Th. 2004. Gereja Yang Bernyanyi, Menghidupkan Ibadah Dengan Lagu. Yogyakarta: ANDI.

Muhammadiah Abdullah. 2011. Pendidikan Sebagai proses Transformasi Budaya.http://muhammadiahabdullah.blogspot.com/2011/11/pendidikan-sebagai-proses-transformasi.html/m=1

Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muskin. 2009. Oudbound For Kids. Jogjakarta: Cosmic Books.

My Rudy. 2008. Panduan Olah Vokal. Yogyakarta: MedPres.

Narwanti Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Nashir Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo

Ningsih, Sri. 2012. Tesis: Implementasi Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Musik Untuk Membangun Karakter Anak sia Dini. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Okatara Bebbi. 2011. 6 Jam Jago Teknik Vokal. Jakarta Timur: Gudang Ilmu.

Pagodungan. 2014. Katekhismus kecil martin Luther Multi Bahasa, http://archive.org/stream/katekhismuskecilmartinluthermultibahasa/katekhismus%20kecil%20martin%20luther%20multi%20bahasa_djvu.txt.

Poetra Aji Esa. 2006. 1001 Jurus Menyanyi. Bandung: DAR! Mizan.

Pramayuda Yudha. 2010. Buku Pintar Olah Vokal. Jogjakarta: BukuBiru.

Rachmawati Yeni, 2005, Musik sebagai Pembentuk Budi Pekerti, Yogyakarta: Panduan.

Rahayu Sriwi. 2010. Tesis: Pengaruh Metode Outbond Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Unisemar.

Rohidi, T.R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Siahaan Rohani. 2007. Memuji Dengan Nyanyian Dalam Ibadah Jemaat, http://www.ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/view/122. (diunduh 27 Juli 2015).

Simanungkalit, N. 2008. Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT Gramedia Pustka Utama

Sitompul Binsar. 1988. Paduan Suara dan Pemimpinnya. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Soeharto M., 1995. Kamus Musik. Jakarta: PT Grasindo

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaatmadja Nursid. 2002. Pendidikan Pemanusiaan Manusia Manusiawi. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus, 2011. Coopertive Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waruwu F.E. 2004. Belajar Menurut Pendekatan Behaviorisme. Jurnal Provitae,1, 13-27.

Wibowo Agus. 2012. Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Bangsa Berkepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijanarko Jarot. 2003. Mendidik Anak. Jakarta: Suara Pemulihan.

Zuriah Nurul. 2011. Pendidikan Moral & Bidi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Section
Articles