KESENIAN SILAKUPANG GRUP SRIMPI: PROSES KREATIVITAS KARYA DAN PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PEMALANG
Abstract
Silakupang merupakan sebuah inovasi atas hasil dari kreativitas seniman yang diwacanakan sebagai identitas kesenian daerah oleh Disbudpar Pemalang. Silakupang merupakan kolaborasi dari empat kesenian yaitu Sintren, Laes, Kuntulan dan Kuda Kepang. Pengamatan di lapangan menunjukan bahwa terdapat sebuah sanggar seni yang aktif berkreasi dalam mengembangkan kesenian Silakupang yaitu sanggar Srimpi. Masalah penelitian ini adalah kreativitas seperti apa yang terbentuk pada kesenian Silakupang? dan bagaimana proses pembelajaran kesenian Silakupang dalam grup Srimpi? Pendekatan yang dipakai dalam penelitian adalah interdisiplin yang melibatkan disiplin ilmu musikologi dan pendidikan. Kajian musikologi digunakan untuk mengkaji proses kreativitas pada kesenian Silakupang grup Srimpi, sedangkan disiplin ilmu pendidikan untuk melihat proses pembelajaran kesenian Silakupang di sanggar Srimpi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pemusatan pada metode riset lapangan. Lokasi penelitian di Kecamatan Ampelgading Pemalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data secara utama menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, ditemukan kreativitas karya pada garapan grup Srimpi yang terletak pada musik pengiring pertunjukan, menciptakan lagu baru, dan penyajian yang menarik. Kedua, proses pembelajaran meliputi tujuan, materi, metode, media belajar dan evaluasi.