PENGEMBANGAN MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MOTIF UKIR PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN UKIR KELAS VII SMP

  • Kus Haryadi
Keywords: Learning instrument model, Carving motive

Abstract

Pelajaran praktik yang pertama kali dilaksanakan oleh siswa ketika belajar keterampilan ukir adalah menggambar motif ukir. Menggambar adalah menghasikan karya berupa gambar yang dibuat pada bidang dua dimensi dengan satu-satunya unsur yang ada yaitu garis, baik kontur maupun isian pewarnaannya semuanya dihasilkan dengan goresan garis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan perangkat pembelajaran menggambar motif ukir pada pelajaran keterampilan ukir kelas VII semester 1 karena kelas VII merupakan kelas awal di jenjang pendidikan SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini merujuk pada 10 langkah Research and Development yang diuraikan Borg & Gall. Berdasarkan analisis dan kajian tersebut selanjutnya dapat dirumuskan spesifikasi model perangkat pembelajaran menggambar motif ukir yang baru, dengan beberapa spesifikasi, yaitu: (1) Standar kompetensi dan kompetensi dasar, memiliki spesifikasi sesuai dengan KTSP 2006, berbasis life skill, mengintegrasikan taksonomi hasil belajar, dan disajikan secara sistematis; (2) Silabus, memiliki spesifikasi sesuai dengan KTSP 2006, sesuai dengan prinsip-prinsip: ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, serta menyeluruh; (3) RPP, memiliki spesifikasi berdasarkan KTSP 2006, berbasis life skill, berbasis active learning, dilengkapi dengan uraian materi aktual dan kontekstual, dilengkapi dengan contoh instrumen penilaian, dilengkapi dengan contoh pedoman penilaian tes tertulis dan contoh rubrik penilaian kinerja dan hasil kerja.

 

The first practice lesson which is conducted by the students when they learn about carving skills is when they dram carving skills. Drawing is creating art in a form of picture which is made in two dimensional shape with the only existing element which is line, either contour or the content of the coloring, all are created by the drawing of line. The research problem is that how to develop learning instrument of drawing motive on carving skills lesson for VII grade on the first semester which is early class of junior high school. This research employed research and development approach. The steps in the research referred to the 10 steps of Research and Development from Borg & Gall. Based on the analysis and the study the learning instrument can formulated as: (1) Standard competence and basis competence, with KTSP (School based curriculum) 2006, life skill based, integrated into learning result taxonomy, and displayed systematically; (2) Sylabus, has the specification with KTSP (School based curriculum) 2006, with the principal of scientific, relevant, systematic, consistent, sufficient, actual and contextual, flexible and comprehensive; (3) Lesson plan, has specifications based on KTSP (School based curriculum) 2006, based on life skill, active learning, completed with the example of scoring instrument, the example of written test scoring guidance and work results.

Section
Articles