INTERAKSI SIMBOLIK PEMAIN CAMPURSARI ”SEKAR AYU LARAS” KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL

  • Mujiarti -
Keywords: symbolic interaction, symbol, campursari

Abstract

Group  campursari “Sekar Ayu Larasâ€adalahgrup kesenian yang adadi Kabupaten Tegal. Anggotanya terdiri dari Polisi, Tentara, Guru.Mereka menggunakan kostum seragam dinassebagai ciri yang dapat membedakan dengan group campursari lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai (1) Bagaimanakah bentuk penyajian campursari Sekar Ayu Laras? (2) Bagaimana interaksi simbolik pemain campursari Sekar Ayu Laras.Penelitian ini bersifat kualitatif.Objek penelitian ini adalah grup campursari “Sekar Ayu Laras†di Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal. Sumber data berasal dari hasil obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa penelitian  melalui langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi atau kesimpulan. Studi pustaka diambil dari beberapa hasil penelitian mengenai campursari serta buku-buku yang ada kaitannya dengan judul Tesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup campursari Sekar Ayu Laras mempunyai bentuk penyajian tiga bagian yaitu: (1) penyaji, (2) kegiatan penyaji atau  pertunjukkan dan (3) penonton. Simbol-simbol yang membentuk proses interaksi simbolikadalahkostum sergam dinas dan bingkisan yang dibagikan kepada penonton

 

Group campursari "Sekar Ayu barrel" is a performing arts company in Tegal regency. Its members consist of the Police, Army, Teachers. They use a uniform costume department as a feature that can distinguish with other campursari group. The aim of this study was to obtain data on (1) What kind of presentation Campursari Sekar Ayu Barrel? (2) How symbolic interaction Sekar Ayu Laras.Penelitian Campursari player is qualitative. The object of this study is Campursari group "Sekar Ayu barrel" in District Slawi, Tegal regency. Source of data derived from the results of observation, interviews and documentation. Analysis of the research through the steps: (1) data reduction, (2) the presentation of the data, (3) verification or conclusion. Literature studies drawn from several research about Campursari and books that are related to the title of the study showed that the group Tesis.Hasil Campursari barrel Sekar Ayu has the form of presentation of three parts: (1) renderer, (2) activities or performances and renderer (3) the audience. The symbols that make up the process of symbolic interaction is sergam costume department and gifts were distributed to the audience

References

Badrun, 2014. Patu Mbojo (Struktur, Konsep Pertunjukkan, Proses Penciptaan, dan Fungsi). Jakarta : Penerbit Lengge Mataram.

Rohidi, 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang :Penerbit Cipta prima Nusantara.

Kusumawati, Eny. 2006 . Laesan Sebuah Fenomena Kesenian Pesisir : Kajian Interaksi Simbolik antara Pemain dan Penonton. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 7(3): 62-76.

Horn, Marilyn J. Lois M.Guel. 1981. The Second Skin Boston : Houghton Mifflin Conpany.

Section
Articles